Log in

Ratusan Ibu Rumah Tangga Geruduk Pos Pol Airud

DEMO-Kapos Pol Airud Pagurawan Brigadir P Perangin-angin saat menerima kedatangan para ibu rumah tangga yang menggelar demo.(andalas/sutan sitompul) DEMO-Kapos Pol Airud Pagurawan Brigadir P Perangin-angin saat menerima kedatangan para ibu rumah tangga yang menggelar demo.(andalas/sutan sitompul)

Nelayan Menganggur Akibat Larangan Operasional Pukat

Batu Bara-andalas Ratusan Ibu Rumah Tangga (IRT), yang mayoritas merupakan masyarakat dari Pagurawan, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara, Sabtu (8/9) pagi, menggeruduk Pos Pol Airud Pagurawan. Bertindak sebagai koordinator lapangan (Korlap) adalah Iwan.

Dalam orasinya, para ibu rumah tangga yang berjumlah sekitar 120 orang tersebut, mempertanyakan kepada petugas Pol Airud, kapan kepastian pukat trawl/tarik dan pukat gandrong bisa beroperasi kembali seperti biasa. "Suami kami sudah tidak bisa melaut dan kami sudah tidak makan, dan anak-anak kami sudah tidak bisa bersekolah lagi,"teriak ibu-ibu itu dengan perasaan sedih.

Pasca munculnya larangan beroperasinya pukat trawl/ pukat tarik dan pukat gandrong, mengakibatkan para nelayan yang bekerja di pukat yang telah dilarang itu menjadi pengangguran besar-besaran, sehingga para ibu rumah tangga di daerah itu menjadi resah.

Kapos Pol Airud Pagurawan Brigadir P Perangin-angin yang menerima para ibu rumah tangga, menyarankan agar para nelayan untuk mengganti alat pukat yang ramah lingkungan. Selanjutnya, Kapos Pol Airud  Brigadir P Perangin-angin melakukan koordinasi dengan perwakilan pengunjukrasa, Iwan.

Dalam pertemuan itu, Kapos Pol Airud meminta Iwan untuk dapat menjelaskan kepada para ibu rumah tangga agar menunggu proses ataupun upaya negosiasi dengan pemerintah tentang pelarangan pukat trawl/tarik dan gerandong. Setelah mendengar penjelasan dari Iwan, para ibu yang melakukan orasi membubarkan diri dengan tertib. (SUSI/PUR)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 25 Sep 2018 27°C 22°C
  • 26 Sep 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px