Log in

PWI Madina Minta Polda Aceh Tuntaskan Kasus Penganiayaan Wartawan

Ketua PWI Madina Muhammad Ridwan (kanan) dan Sekretaris PWI Madina Abdul Holik. Ketua PWI Madina Muhammad Ridwan (kanan) dan Sekretaris PWI Madina Abdul Holik.

Madina-andalas Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Muhammad Ridwan meminta kepada jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Aceh agar segera menuntaskan kasus penganiayaan terhadap Teuku Defi Iskandar, salah seorang wartawan yang bertugas di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

Selain itu, Muhammad Ridwan juga mengecam serta mengutuk keras terjadinya penganiayaan oleh sekelompok oknum terhadap Teuku Dedi Iskandar, di mana kini korban sedang menjalani perawatan medis di rumah sakit umum setempat.

"Apapun alasannya, tindakan kekerasan tidak dibenarkan di negara hukum. Apalagi yang berkaitan dengan tugas-tugas jurnalistik. Karena Indonesia telah memilih sebagai negara demokrasi dan mempunyai undang-undang tersendiri tentang Pers," tegas M Ridwan didampingi Sekretaris PWI Madina Abdul Holik kepada andalas di Panyabungan, Rabu (22/1).

Dikatakan, Indonesia sebagai negara hukum memiliki Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. "Siapapun orang atau lembaganya, tidak diperkenankan menghalang-halangi tugas Pers. Apalagi melakukan penganiayaan atau pengeroyokan. Itu namanya upaya menghilangkan asas demokrasi di negara ini," sebutnya.

Karena itu, M Ridwan meminta kepada Polda Aceh agar segera mengusut dan menuntaskan kasus ini, serta menangkap semua oknum yang terlibat dalam pengeroyokan yang dialami Teuku Dedi Iskandar. "Peristiwa ini adalah preseden buruk apabila tidak ditangani dengan cepat. Untuk itu para pelakunya harus segera ditangkap, siapapun pelaku maupun orang yang terlibat dalam aksi pengeroyokan ini, harus bertanggung jawab di depan hukum. Kekerasan terhadap jurnalis harus dihilangkan karena itu amanah undang-undang," pungkasnya.

Diketahui, peristiwa pengeroyokan yang dialami Teuku Dedi Iskandar, wartawan LKBN Antara yang juga menjabat sebagai Ketua PWI Aceh Barat terjadi di salah satu warung kopi di Kota Meulaboh, Aceh Barat pada Senin sekitar Pukul 12.00 WIB. Terjadinya peristiwa pengeroyokan itu diduga terkait dengan pemberitaan. (JBL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C