Log in

PT MKG Janji Tindak Pangkalan Nakal

Direktur Utama PT MKG, Nesar Situmeang Direktur Utama PT MKG, Nesar Situmeang

Terkait HET Elpiji 3 Kg di Dairi

Sidikalang-andalas PT Maholimo Karosine Gasindo (MKG) salah satu agen Elpiji untuk wilayah Kabupaten Dairi berjanji akan meberikan sanksi Pemutusan Hubungan Usaha (PHU) kepada pangkalan yang menjual Elpiji 3 kilogram di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

Penegasan itu disampaikan Direktur Utama PT MKG Nesar Situmeang didampingi Direktur Operasional Papola Depari kepada wartawan di sela-sela pertemuan dengan pemilik pangkalan di Sidikalang, Jumat (18/10).

Soal harga elpiji 3 kilogram yang disebut jauh melampaui HET di Kabupaten Dairi kurun waktu belakangan ini, Situmeang menyebut, hal tersebut bukan ulah agen karena agen tidak melayani penjualan kepada konsumen.

Situmeang menjelaskan alur distribusi Elpiji 3 Kg. Agen mengambil dari Pertamina dan didistribusikan kepada pangkalan. Penjualan kepada konsumen merupakan ranah pangkalan.

Situmeang menggaransi, PT MKG  tidak pernah membebankan biaya tambahan dengan alasan apapun kepada pangkalan. Pangkalan menebus Elpiji dari PT MKG melalui Mandiri Supply Chain (MSC).

Untuk memastikan harga jual, setiap pangkalan diwajibkan mencantumkan HET di outlet penjualan untuk diketahui sekaligus menjadi acuan bagi konsumen dalam bertransaksi.

“Jika ada pangkalan kami yang menjual di atas HET ditambah selisih harga maksimal, silahkan lapor dan disertai dengan bukti, dan dipastikan akan disanksi PHU. Demikian juga, jika terdapat pangkalan yang tidak mencantumkan HET ditempatnya berjualan," sebut Situmeang.

Diterangkan, tahun 2018 lalu, PT MKG pernah menjatuhkan sanksi PHU kepada salah satu pangkalan UD L beralamat di Bilangan Barisan Nauli-Sidikalang, karena terbukti menjual Elpiji 3 kilogram di atas HET. Sanksi kemudian dicabut, setelah adanya rekomendasi dari pemerintah daerah.

Ditambahkan, medio September 2019, tiga pangkalan di Dairi juga dikenakan sanksi penonaktifan sementara, tetapi bukan karena HET, tapi terkait pembaharuan kontrak yang belum ditandatangani. Sanksi belum dicabut, sementara jatah untuk tiga pangkalan tersebut sementara dialihkan kepada pangkalan lain.

Situmeang memperingatkan pangkalan agar tidak bermain-main dengan harga penjualan. “Pangkalan PT MKG jangan terlalu nafsu cari untung, ada aturan yang mengikat dan jika dilanggar dipastikan akan mendapat konsekwnsi," tegasnya.

Disebutkan, pangkalan hanya diperkenankan memberikan 40 persen dari jumlah kuota yang diterima kepada pengecer, sementara 60 persen harus dijual langsung kepada konsumen.

Sementara terkait HET Elpiji 3 Kg di Kabupaten Dairi dibagi dalam 3 rayon disesuaikan dengan jarak tempuh. HET untuk rayon I Rp15.000 per tabung, untuk rayon II Rp15.500 dan rayon tiga Rp16.000. "Untuk selisih harga maksimal Rp2.000," terangnya. (GOL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px