Log in

PT Inalum Gelar Pelatihan Bagi UKM Mitra Binaan

MANAJER Unit Pemberdayaan Masyarakat PT Inalum (Persero) Susyam Widodo dan narasumber Habibullah diabadikan bersama pelaku UKM MANAJER Unit Pemberdayaan Masyarakat PT Inalum (Persero) Susyam Widodo dan narasumber Habibullah diabadikan bersama pelaku UKM

Batu Bara,Sumatera Utara-andalas PT Inalum (Persero) melalui program kemitraan memberikan pelatihan motivasi usaha manajemen keuangan, pengemasan dan pemasaran online di Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka Batu Bara, Kamis (20/9) kepada 16 pelaku Usaha Kecil Mikro (UKM) Mitra Binaan di sekitar perusahaan.

Acara yang berlangsung seharian itu dibuka Manajemen PT Inalum diwakili Manajer Unit Pemberdayaan Masyarakat, Susyam Widodo, menghadirkan narasumber Konsultan Motivator Alfati Sukses Mulya Medan, Habibullah serta 16 pelaku usaha UKM Mitra Binaan di sekitar perusahaan.

Susyam Widodo mengatakan, pelatihan motivasi usaha, manajemen keuangan, pengemasan dan pemasaran online yang diberikan sebagai upaya peningkatan skill bagi UKM Mitra Binaan PT Inalum. Jenis pelatihan ini sangat potensial untuk dilaksanakan  

Kalau selama ini PT Inalum memberikan bantuan alat usaha dan pinjaman dana kepada para pelaku UKM tersebut. Namun ke depan pihaknya akan berusaha monitoring, sehingga bisa tahu apa kendala usaha. Seluruh BUMN wajib memberikan pembinaan pada pengusaha kecil mitra binaan, tidak hanya diberikan dana pinjaman. Namun harus dibimbing terus, agar usaha tetap berkembang.

"Apalagi sekarang era digital bisa dipasarkan melalui online, prodak yang baik bisa menarik peminat orang luar,"kata Susyam Widodo. Tujuan pelatihan bagian dari upaya mengentaskan kemiskinan dan mengurangi pengangguran di masyarakat minimal keluarga terdekat.

16 pelaku UKM Mitra Binaan PT Inalum yang mengikuti pelatihan, pembuatan miniatur dan souvenir kayu, pembuatan meubiler/ toko perabot, usaha depot air minum. Pembuatan perahu, jagung goreng, kue, roti ketawa, bengkel las & meubel, ternak lembu, pengelolaan hasil laut (kepiting & gurita). Selanjutnya, pangkas, perajin sapu ijuk dan kain pel, perajin sepatu kulit, perajin songket, produksi ekstrak jahe serta budidaya burung berkicau dan pakan ternak.(SUSI/PUR)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px