Logo
Print this page

Proyek Penyedian Air Minum di Sumbul Jadi Ajang Pungli

Sekretaris Badan Pengelola Pamsimas, Rolen Butar butar Sekretaris Badan Pengelola Pamsimas, Rolen Butar butar

Bersumber dari DAK

Sidikalang-andalas Proyek pembangunan Sarana dan Prasarana Air Minum  (SPAM) Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Masyarakat (Pamsimas) di Desa Perjuangan, Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi jadi ajang pungutan liar (pungli) oleh badan pengelola Pamsimas desa setempat. Proyek ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan pagu Rp593.339.999.

Situmorang dan Tinambuban, warga Desa Perjuangan mengaku heran atas kutipan yang dilakukan oknum badan pengelola Pamsimas yang diketahui bernama Rolen Butar-butar untuk biaya penyambungan air bersih ke rumah masing-masing warga.

Sebab, menurut mereka proyek penyambungan pipa saluran air bersih ke rumah warga merupakan proyek pemerintah. "Setahu kami ini proyek pemerintah, tapi kenapa ada kutipan," kata Situmorang penuh tanya, Rabu (9/10).

Tinambunan juga mengaku heran dengan ulah oknum badan pengelola Pamsimas yang melakukan kutipan terhadap warga atas penyambungan pipa air bersih. Jumlahnya kutipan bervariasi mulai dari Rp 1 juta hingga Rp2,5 juta per rumah tangga.

Di tempat terpisah, Pj Kepala Desa Perjuangan Hotlen Simbolon mengaku tidak mengetahui kutipan yang dilakukan badan pengelolan air bersih di desa tersebut. Bahkan dia mengaku sama sekali tidak tahu kalau di desanya ada proyek penyediaan air bersih.

"Saya tidak tahu proyek apa itu karena sebelumnya tidak ada pemberitahuan, baik dari pihak pemborong maupun dinas terkait," kata Hotlen Simbolon saat dikonfirmasi di kantornya.

Sementara Rolen Butar-butar, Skretaris Badan Lengelola Lamsimas Desa Perjuangan yang dihubungi andalas di rumahnya membenarkan adanya kutipan terhadap warga dengan jumlah bervariasi. Hal itu, katanya, sudah sesuai AD/RT Badan Pengelola Pamsimas  di desa itu.

Rolen Butar-butar menerangkan, kutipan itu dilakukan juga atas kesepakatan bersama masyarakat. Namun Rolen tidak bersedia menunjukkan AD/RT dan kesepakatan tersebut dengan dalih harus ada inin dari ketua. "Kalau bapak mau lihat AD/RT dan berita acara kesepakatan warga itu harus ijin ketua," kata Rolen.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Dairi Iwan Simarmata membenarkan keberadaan proyek SPAM Pamsimas di Desa Perjuangan termasuk untuk sambungan ke rumah dan meteran untuk 200 kepala keluarga.

Proyek tersebut, kata Iwan, dikerjakan CV Sari Asda dengan pagu Rp 593.339.999, sumber dana DAK 2019. Iwan menerangkan jenis kegiatan di antaranya penyambungan pipa gip galvanis 4 inhci sepanjang 400 M gip plang, pipa pvc 3 inchi 25 meter, pipa distribusi pvc 2 inchi 2.202 meter, 1,5 inchi 1.269 meter ditambah 200 unit meteran. (JM)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com