Log in

Proyek Penataan Pantai di Seputaran Hotel Dainang Dibongkar

Tinjau-Rombongan Komisi III DPRD Samosir saat meninjau proyek penataan pantai Putri Lopian di depan Hotel Dainang. (andalas/hotdonnaibaho) Tinjau-Rombongan Komisi III DPRD Samosir saat meninjau proyek penataan pantai Putri Lopian di depan Hotel Dainang. (andalas/hotdonnaibaho)

Komisi III DPRD Samosir Akan Rekomendasikan

Samosir,Sumatera Utara-andalas Pascapelaksanaan rapat dengar pendapat Komisi III DPRD Samosir dengan Dinas PUPR, legislatif meninjau pelaksanaan proyek penataan pantai di seputaran Hotel Dainang Pangururan milik Rapidin Simbolon yang juga menjabat Bupati Samosir, Rabu (7/11).

Komisi III DPRD Samosir meninjau proyek yang menjadi sorotan dewan itu, karena dinilai tidak sesuai dengan pembahasan awal, tidak dihadiri dua anggota legislatif dari PDIP yakni Megianto Sinaga sebagai Ketua Komisi dan Saut Tamba.

Di lokasi proyek, para legislator dari Komisi III menyatakan dengan tegas, bahwa proyek itu tidak memiliki desain yang baku. "Untuk itu, kita akan rekomendasikan supaya dibongkar," kata Jonner Simbolon.

Ia juga menilai, ketidakhadiran Ketua Komisi III Megianto Sinaga dan Saut Tamba di lokasi, menjadi pertanyaan. "Jangan- jangan keduanya diintervensi bupati," tandas Politisi NasDem ini.

Jonner juga menyesalkan tindakan Kadis PUPR Pantas Samosir yang mangkir dari jadwal yang telah ditentukan. "Padahal, Kadis PUPR telah berjanji untuk mendampingi Komisi III," jelasnya.

Jonner yang juga Wakil Ketua DPRD Samosir itu, langsung klarifikasi kepada Sekda Jabiat Sagala, terkait alasan Kadis PUPR mangkir. Anggota Komisi III lainya, Mardan Sihotang mengatakan, akan kembali menggelar RDP dengan Dinas PUPR."Ini sudah sangat keterlaluan, seyogyanya peninjauan ini akan dilaksanakan pada hari Selasa. Tapi ditunda, hari ini Dinas PUPR menyuruh salah satu staf untuk mendampigi anggota dewan. Komisi III akan kembali mengundang dinas terkait" tandasnya.

Politisi Gerindra ini menambahkan, pembahasan di Badan Anggaran (Banggar), desain proyek pantai jalan Putri Lopian tidak seperti proyek yang dikerjakan saat ini.Desainnya berjarak sekitar 10 meter dari tangga Hotel Dainang untuk dilakukan reklamasi, bukan seperti ini hanya berjarak 6 meter dari tangga hotel."Saya menduga proyek ini hanya untuk pengamanan aset," kilah Mardan.

Sebenarnya, kata dia, untuk menambah estetika, reklamasi harus sampai ke tepi pantai Tajur, Kelurahan Pasar Pangururan, langsung terintegrasi ke alur Tano Ponggol. Bukan proyek yang seperti ini. Komisi III DPRD Samosir yang melaksanakan peninjauan atas beberapa proyek yang dinilai menuai masalah, yakni Pernando Sinaga, Hendrik Naibaho, Ronal Nirma Sihotang, Jonner Simbolon dan Mardan Sihotang.(HN)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 8.05 km/h

  • 21 Nov 2018 27°C 22°C
  • 22 Nov 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px