Log in
BPKD_Pemkab_Aceh_Selatan.jpg

Polisi Selidiki Bangkai Babi di Sungai Batu Bara


Medan - andalas Bangkai babi ditemukan hanyut di sungai selama sepuluh hari terakhir di Batu Bara, Sumatera Utara (Sumut). Polisi bakal menyelidiki asal bangkai babi tersebut.

"Anggota kami melakukan penyelidikan asal usul bangkai babi tersebut," kata Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, Jumat (21/2).

Dia belum menjelaskan apakah ada dugaan bangkai babi tersebut sengaja dibuang atau tidak. Proses penyelidikan masih dilakukan.

Bangkai babi sebelumnya ditemukan hanyut terbawa arus sungai di Desa Tanjung Mulia, Batu Bara, sejak sepuluh hari terakhir. Tiap hari, bangkai babi yang ditemukan makin banyak. Warga pun mengaku resah.

"Awalnya cuma satu. Jadi kami biarkan aja. Eh tiap harinya malah nambah. Jadi masyarakat mulai resah," ujar Mukty, Kamis (20/2).

Masalah bangkai babi di Sumut sudah terjadi sejak November 2019. Hal ini awalnya terungkap usai warga di sekitar sungai Bedera Medan mengeluh bau busuk.
Setelah dicek ternyata ada ratusan bangkai babi yang mengambang di sungai dan kemudian diangkut oleh petugas. Bangkai babi kemudian ditemukan di Danau Siombak, sungai di Tebing Tinggi, hingga dibuang di jalanan di Medan dan Karo.

Polisi juga telah menangkap sejumlah orang yang diduga membuang bangkai babi ke sungai. Babi-babi di Sumut ini mati diduga karena virus hog cholera serta African Swine Fever. (DTC)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C