Log in

Pimpinan dan Komisi II DPRD Samosir Monitoring Lahan Tanaman Sareh Wangi

  Pimpinan dan anggota Komisi II DPRD Samosir diabadikan bersama anggota Koperasi Tani Rap Tama Jaya.(andalas/hotdonnaibaho). Pimpinan dan anggota Komisi II DPRD Samosir diabadikan bersama anggota Koperasi Tani Rap Tama Jaya.(andalas/hotdonnaibaho).

Samosir-andalas Pimpinan dan Komisi II DPRD Kabupaten Samosir, melakukan monitoring pemanfaatan lahan oleh Koperasi Tani Rap Tama Jaya di Desa Ronggurnihuta Kecamatan Ronggurnihuta diterima oleh Ketua Koperasi Rap Tama Jaya Filipus Pandiangan dan anggota Kelompok, Kamis (9/07/2020).

Koperasi Rap Tama Jaya mengembangkan tanaman Sereh wangi, lahan yang sudah dimanfaatkan berkisar 40 Ha. Ketua DPRD Kabupaten Samosir, Saut Martua Tamba mendukung sepenuhnya upaya dan usaha anggota koperasi untuk mengelola lahan dengan tujuan supaya pendapatan masyarakat meningkat.

"Ke depan kita mendorong masyarakat untuk lebih mau untuk menanam sereh wangi dan tanaman pangan lainnya untuk mewujudkan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Samosir,"kata Saut.

Sementara itu, Ketua Koperasi Tani Rap Tama Jaya, Filipus Pandiangan mengaku memanfaatkan hutan lindung milik Kementerian Kehutanan pada perhutanan sosial untuk menanam Sareh wangi di lahan 375 Ha yang sudah terverifikasi sekaligus dengan anggota kelompok yang berjumlah 152 orang.

Pandiangan menambahkan, kelompok taninya menerima kunjungan DPRD Samosir. Pada saat itu, kelompok tani ini bermohon kepada DPRD untuk bersedia menyurati Kementerian Kehutanan untuk menambah lahan tanaman Sereh wangi.

Selain itu, lanjut Pandiangan, pihaknya tak lupa bermohon kepada DPRD agar dapat membantu mesin penyulingan. "Uji coba panen penyulingan, kita mampu mengumpulkan 4 kg. Namun masih dimanfaatkan sendiri. Belum dijual," kata Filipus Pandiangan saat dihubungi harian andalas.com.

Pandingan menambahkan, ada sekitar 12 hektare luas lahan yang bisa dimanfaatkan untuk perhutanan sosial. Sedangkan di lahan yang telah dikelola saat ini. Menurut Pandiangan telah dimanfaatkan penanaman Sareh wangi, agro wisata dan rest area.(HN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C