Log in

Perkemahan Saka Kalpataru Bentuk Generasi Muda Cinta Lingkungan

Semat-Wakil Bupati H Ahmad Zarnawi Pasaribu yang juga Waka Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Palas, menyematkan tanda peserta kepada perwakilan anggota Pramuka Saka Kalpataru Semat-Wakil Bupati H Ahmad Zarnawi Pasaribu yang juga Waka Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Palas, menyematkan tanda peserta kepada perwakilan anggota Pramuka Saka Kalpataru

Sibuhuan-andalas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Padang Lawas menggelar perkemahan Saka Kalpataru di bumi perkemahan Torsipiramanuk, Kecamatan Lubuk Barumun, kemarin. Kegiatan perkemahan yang diikuti anggota gerakan Pramuka Saka Kalpataru 32 orang, Saka Batangkara 20 ditambah utusan anggota Pramuka dari SMKN 1 Lubuk Barumun 40, SMK Jakfariah 40 orang dan MAS Rabiul Islam 40. Kegiatan perkemahan bertujuan mewujudkan generasi muda cinta lingkungan.

"Tujuan perkemahan Saka Kalpataru Pramuka untuk membentuk generasi muda yang cinta lingkungan dengan Pramuka sebagai sasaran utamanya,"ungkap Wakil Bupati H Ahmad Zarnawi Pasaribu yang juga Waka Mabicab Gerakan Pramuka Palas sekaligus membuka acara perkemahan ditandai penyematan peserta perkemahan kepada dua perwakilan anggota Pramuka Saka Kalpataru.

Disebutkan, mencintai alam menjadi hal sangat penting digerakkan Pramuka, karena menjadi dasar filosopi serta prinsip dalam melakukan kegiatan kepramukaan identik dengan alam terbuka. "Di alamlah gerakan Pramuka melakukan aktivitas dan berkewajiban melindungi dan melestarikan lingkungan,"katanya.

Perkemahan ini merupakan upaya membentuk tenaga kader patriot lingkungan. "Tunjukkan, Pramuka Saka Kalpataru adalah patriot yang mengerti lingkungan hidup,"pinta Waka Mabicab seraya mengajak, adik-adik Pramuka menjadikan momentum perkemahan menambah pengetahuan dan keterampilan di bidang lingkungan bagian penting dari pembangunan nasional.

Di tempat yang sama, Ketua Saka Kalpataru Maslan Hamdani Ritonga didampingi Sekretaris Kwarcab Palas, Zainuddin Hasibuan mengatakan, kegiatan perkemahan berlangsung 11-12 November diikuti peserta 160 Pramuka. Maslan berpesan, anggota Pramuka Saka Kalpataru hendaknya dapat menjalankan dasar dharma dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita tidak boleh cepat putus asa dan tetap semangat, tunjukkan kita bisa. Pramuka Saka Kalpataru merupakan generasi muda yang tangguh dan disiplin terhadap lingkungan, melestarikan dan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman," ujarnya.

Saka Kalpataru salah satu Satuan Karya Pramuka merupakan wadah pendidikan di bidang kepedulian lingkungan bagi anggota Pramuka. Tujuannya agar anggota Pramuka dapat membantu, membina, mengembangkan pengetahuan dan keterampilan khusus terkait isu lingkungan, pengelolaan sampah, perubahan iklim dan konservasi keanekaragaman hayati.

"Dalam perkemahan ini para peserta mendapatkan pembekalan materi berupa Krida Saka Kalpataru meliputi Krida 3R (reduce, reuse, recycle), krida perubahan iklim (konservasi & hemat air, hemat energi listrik serta transportasi hijau), krida konservasi keanekaragaman hayati,"kata Maslan diamini Zainuddin Hasibuan.(ISN)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

24°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 20 Nov 2017 29°C 22°C
  • 21 Nov 2017 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px