Log in

Percepatan dan Pemerataan Pembangunan Terkendala Keterbatasan APBD

LOBI-Bupati Terkelin Brahmana didampingi Kepala PPKAD Andreas Tarigan dan Asisten pemerintahan Suang Karo-Karo saat bersilaturahmi dengan Direktur Alokasi Pendanaan Pembangunan Bappenas, Erwin Dimas LOBI-Bupati Terkelin Brahmana didampingi Kepala PPKAD Andreas Tarigan dan Asisten pemerintahan Suang Karo-Karo saat bersilaturahmi dengan Direktur Alokasi Pendanaan Pembangunan Bappenas, Erwin Dimas

Bupati Karo Lobi Bappenas dan Sejumlah Kementerian

Kabanjahe-andalas Keterbatasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabuapten Karo menjadi perhatian serius Bupati Karo, Terkelin Brahamana SH. Berbagai cara dilakukan dalam melobi pemerintah pusat melalui sejumlah kementerian untuk mengejar kucuran dana (APBN) bisa mengalir ke Kabupaten Karo.

Pembangunan daerah pada hakikatnya adalah pembangunan menyeluruh (sosial budaya dan ekonomi) yang berlangsung di daerah. Perencanaan pembangunan di daerah umumnya untuk mengangkat potensi daerah sebagai komoditi pembangunan dalam berbagai bentuk sumber daya yang ada guna pertumbuhan pembanguanan itu sendiri. Namun seringkali perencanaan tersebut terbentur anggaran (APBD) yang sangat terbatas, sehingga mensiasatinya selalu dilakukan skala prioritas.

Demikian diungkapkan Bupati Karo Terkelin Brahmana saat silaturahmi dengan Direktur Alokasi Pendanaan Pembangunan Bappenas, Erwin Dimas SE DEA Msi, Jumat (11/8) di Jakarta. Selain meminta masukan tentang perencanaan pembangunan di Kabupaten Karo khususnya untuk tahun anggaran 2018 mendatang, bupati juga meminta masukan tentang peluang Kabupaten Karo mendapatkan kucuran dana dari APBN.

Terkelin Brahmana sangat menyadari bahwa pembangunan daerah yang dipimpinnya tidak mungkin hanya mengandalkan APBD saja. Itu sebabnya, Bupati Karo sangat berharap dukungan anggaran dari APBN. Secara intensif Terkelin Brahmana terus meloby pusat melalui sejumlah kementerian. Realitas di lapangan banyak usulan pembangunan terkendala keterbatasan anggaran.

Berbagai program kegiatan yang sangat mungkin didanai APBN sudah disiapkan. Kita punya banyak potensi destinasi wisata yang cukup bagus. Sayangnya, infrastrukturnya belum memadai. Kita juga punya potensi di sektor pertanian. Demikian juga sektor pendidikan, PDAM Tirta Malem, pembangunan infrastruktur jalan (Dinas PUPR) dan lainnya."Semua potensi ini ke depan akan kita dorong agar memberikan kesejahteraan bagi masyarakat,"pungkasnya.

Saat bertandang ke Bappenas, Bupati Karo didampingi Kepala Kepala Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD), Andreas Tarigan, Asisten I Pemerintahan Suang Karo-Karo.

Direktur Alokasi Pendanaan Pembangunan Bappenas, Erwin Dimas SE DEA MSi, menjawab “curhatan” Bupati Karo terkait terbatasnya APBD untuk percepatan dan pemerataan pembangunan dan memahami keterbatasan anggaran.

Bappenas tahu dan mengerti akan program yang telah dilakukan melalui APBD Karo tidak akan cukup. Bukan hanya Karo saja, setiap kabupaten lain bahkan provinsi juga hampir sama persoalannya yakni terbatasnya APBD dalam pembangunan daerah. Jika hanya mengandalkan APBD pasti tidak akan cukup untuk pengembangan pembangunan daerah.

Apalagi Pemkab Karo yang kategori APBD nya rendah dan sedang dilanda bencana Gunung Sinabung, sehingga konsentrasi Pemkab Karo ke pengungsi. Otomatis banyak infrastruktur belum tersentuh pembangunan.

"Untuk itu, saya selaku Direktur Pendanaan Alokasi Bappenas berjanji akan membantu Kabupaten Karo dalam melobi dan mengkordinasikan sesuai fungsi dan tugas PPN/Bappenas mempunyai kewenangan meminta dana kesemua kementerian terkait, setelah itu Bappenas akan menyalurkan atau membagikan ke Pemkab Karo sesuai kebutuhan SKPD terkait,” janji Erwin Dimas.

Pembangunan daerah akan tumbuh dan berkembang tentu semua pihak saling mengambil posisi kearah itu. Sumber daya sebagai energi menuju kemajuan perlu dioptimalkan fungsinya. Membangun daerah dan meningkatkan kesejahteraan rakyat merupakan inti dari kewajiban daerah, DPRD, dan Kepala Daerah. Oleh karena itu, peran pemimpin daerah menjadi sangat penting dan strategis terutama dalam proses pembangunan di era otonomi daerah ini, ujarnya mengapresiasi Bupati Karo yang rajin melobi ke pusat.(RTA)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

24°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 23 Oct 2017 29°C 23°C
  • 24 Oct 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px