Logo
Print this page

Pengurus Parsadaan Pomparan Ompu Raja Sibarani Dikukuhkan


Laguboti, Sumatera Utara - andalas Pengurus Parsadaan Pomparan Ompu Raja Sibarani, Boru / Bere / Ibebere Kabupaten Toba Samosir, periode 2017-2021 dikukuhkan di Sopogodang HKBP Laguboti, Sabtu (25/2). Pelantikan / pengukuhan dilakukan penasihat. Di antaranya Hotman Sibarani, Op Mangatur Sibarani, Tanda Sibarani, A Tumpak Sibarani, Tangkas Sibarani dan Monang Sibarani, disaksikan ribuan Pomparan Raja Sibarani dari 16 kecamatan di Kabupaten Tobasa dan marga Sibuea.

Hadir pada acara itu, Ketua dan Seketaris Umum Parsadaan Pomparan Ompu Raja Sibarani Jabodetabek Saud HP Sibarani-Ronald Sibarani, perwakilan punguan marga Sibarani dari Medan, St HW Hutahaean selaku boru dari Pekan Baru–Riau dan marga Sibarani dan Sibuea dari Sibolga dan Tapteng, seperti Kombes Pol (Purn) Drs Purnas Sibarani, abang kandung Bakhtiar Sibarani (Bupati Tapteng terpilih) dan rombongan.

HW Hutahaean mengatakan, di berbagai daerah punguan marga banyak terbentuk, namun umurnya tidak lama, karena pengurus dan programnya tidak jelas. Karena itu, ia mengajak Pomparan Raja Sibarani merenung tujuan parsadaan dibentuk, agar jangan hanya sebatas pelantikan. Ia berharap, pengurus tidak hanya berencana membangun tugu (monumen) Ompu Raja Sibarani, tapi juga senantiasa membentuk Koperasi, sekolah dan rumah sakit. “Saya siap mendukung, kapan direncanakan peletakan batu pertama, saya siap, 1 Maret, dananya saya siapkan membangun fisik,” katanya.

Ketua Parsadaan Pomparan Ompu Raja Sibarani Jabodetabek Saud HP Sibarani sependapat dengan HW Hutahaean. Parsadaan Pomparan Raja Sibarani diminta memikirkan hal itu. “Kami dari Jabodetabek siap mendukung. Tak perlu risau atau terganggu. Selama pengurus satu hati dan pikiran, mau bekerja keras, kami akan dukung. Kalau bisa Punguan Raja Sibarani Tobasa harus menjadi contoh bagi punguan lain,"harapnya.

Sahat Sibuea menyarankan agar pengurus tahan dan tidak tipis telinga terhadap kritikan. Harus sabar dan tabah menghadapia. Jangan mudah terpengaruh dengan omongan dapat mengurangi semangat. “Hal ini saya sampaikan, berdasarkan pengalaman,” katanya.

Berbeda dengan Purnas Sibarani mewakili marga Sibarani dan Sibuea dari Sibolga dan Tapteng. Katanya Sipartano Naiborgin (Sibarani, Sibuea) di Tapteng kompak. Kesatuan di antara kedua marga masih bersaudara ini, kuat. Didasarkan kesatuan itu lahir tekad memenangkan Cabup Bakhtiar Sibarani.“Ini bisa jadi dicontoh ke depan,” ujarnya.

Ketua terlantik Drs Laurencius Sibarani menanggapi saran itu, mengajak Pengurus Parsadaan Raja Sibarani, boru/bere/ibebere Tobasa, untuk satu hati dan pikiran, bekerja keras dan melaksanakan program sebaik mungkin. “Kita harus siap dikiritik bahkan dihujat sekalipun. Bila ada yang perlu kita bahas, kita bahas,” ujarnya.

Laucencius juga mengajak kerja sama semua pengurus untuk menuntaskan pendataan Pomparan Ompu Raja Sibarani, Boru/bere/ibebere di sembilan sektor kepengurusan di Tobasa, yang ikut dilantik. “Kita harus bisa menuntaskan itu, tiga atau empat bulan ke depan,” katanya.

Laurencius bercita-cita parsadaan ini punya dana abadi, agar generasi muda Pomparan Raja Sibarani yang berprestasi, tidak terhalang mengecap pendidikan lebih tinggi karena orangtuanya tak mampu. Terkait pembangunan Tugu Ompu Raja Sibarani, diakui sudah disepakati dari awal rapat pembentukan persadaan. Harapannya dengan adanya tugu dimaksud, kesatuan di antara Pomparan Raja Sibarani akan semakin kuat. Dia juga sepakat membangun “tugu namangolu” seperti Koperasi, sekolah atau rumah sakit. Karenanya, diminta kerja sama semua pengurus, bantuan dan dukungan anak rantau marga Sibarani di manapun berada.

Ketua panitia, dr Freddy Sibarani menyebutkan, pembentukan Parsadaan Pomparan Ompu Raja Sibarani, Boru/Bere/Ibebere digagas Laurencius Sibarani, Feddy Sibarani, Mutiha Sibarani, Robby Sibarani, Horas Sibarani, Piator Sibarani, Maruli Sinaga/br Sibarani dan lainnya.

Hasil rapat para penggagas ini dilahirkan tiga agenda, yakni Natal awal tahun, pembentukan kepengurusan serta pengukuhannya dan rencana pembangunan monumen Ompu Raja Sibarani. “Itu awal terbentuknya parsadaan, dengan harapan persaudaraan diantara Pomparan Ompu Raja Sibarani, Boru/Bere/Ibebere terbangun kokoh dan keturunannya ke depan semakin maju dan sukses,” katanya. (EDU)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
Info Pemasangan Iklan Online

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com