Logo
Print this page

Pemkab Tobasa dan Warga Gotong Royong Perbaiki Bendungan Jebol

REHAT - Di sela rehat, Bupati Darwin Siagian, Wabup Hulman Sitorus, Ritawati Darwin Siagian, Lin Hulman Sitorus, Camat Narumonda Laksa Manullang, diabadikan bersama warga. REHAT - Di sela rehat, Bupati Darwin Siagian, Wabup Hulman Sitorus, Ritawati Darwin Siagian, Lin Hulman Sitorus, Camat Narumonda Laksa Manullang, diabadikan bersama warga.

Tobasa,Sumatera Utara-andalas Bendungan Aek Bolon Desa Narumonda I Kecamatan Narumonda yang jebol diterjang besarnya arus sungai akibat hujan lebat, digotong-royongkan Pemkab Tobasa bersama warga sekitar. Selain bendungan jebol, tanggul sungai yang mengalami erosi juga dibuat tanggul dengan menggunakan bambu dan karung berisi pasir dibantu alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) pemerintah daerah setempat, Rabu (1/3).

Pada gotong-royong tersebut Bupati Darwin Siagian, Wakil Bupati Hulman Sitorus, Ritawati Darwin Siagian, Lin Hulman Sitorus, Enny Arifin Silaen, Kepala Bappeda James Silaban, Kadis Perhubungan Parlaungan Sianipar, Camat Narumonda Laksa Juliana Manullang, Kepala Bidang Pengairan Dinas PUPR Piter Pangaribuan, Kabag Humas dan Protokoler Tulus Hutabarat dan puluhan pejabat eselon III dan IV turut terlibat dalam penanggulangan sementara bendungan dan tanggul jebol sungai Aek Bolon tersebut.

Bupati Darwin Siagian mengatakan, tanggul jebol ini dibangun 1995, dan jebol 29 Desember 2016 lalu akibat hujan lebat. Dampak jebolnya bendungan dan tanggul ini, 300 hektar lahan pertanian warga tiga desa yakni Desa Narumonda I, Narumonda II dan Narumonda III Kecamatan Narumoda tidak bisa terpenuhi kebutuhan air. “Jadi ini adalah upaya penanggulangan sementara menunggu perbaikan dilakukan,” ujarnya.

Bupati menjelaskan, bendungan/irigasi ini di bawah pengelolaan mereka. Namun karena biaya perbaikan yang dibutuhkan cukup besar yakni sekitar Rp4 miliar, pihaknya mengajukan permohonan bantuan untuk perbaikan kepada Balai Wilayah Sungai Sumatera II di Medan.

“Jadi saat ini prosesnya sedang berjalan, dan menunggu usulan itu terealisasi, penanggulangan sementara kami lakukan,” kata Bupati Darwin Siagian didampingi Wakil Bupati Hulman Sitorus dan Kepala Bidang Pengairan Dinas PU Piter Pangaribuan di lokasi gotong-royong.

Ditambahkan, penanggulangan bendungan dan tanggul jebol ini, belum bisa diselesaikan dalam satu hari. “Besok (hari ini, Kamis) gotong royong ini masih akan berlanjut hingga tuntas,” tegas bupati.(EDU)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
Info Pemasangan Iklan Online

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com