Log in

Pemkab Samosir Akan Terima Bantuan Dua Unit Kapal Ferry


Samosir,Sumatera Utara-andalas Meningkatkan sarana perhubungan tranportasi, tahun ini Kementrian Perhubungan RI akan memberikan bantuan dua  unit armada danau jenis Kapal Ferry dan pembangunan dermaga berukuran besar.

Rencananya kapal ini mempunyai kapasitas dapat mengangkut jenis kendaraan mencapai 70 hingga 100 unit dengan jalur penyeberangan Ambarita Samosir-Ajibata Tobasa dan Simanindo Samosir–Tigaras Simalungun. Launching pengoperasian armada Kapal Ferry tersebut direncanakan pada 2018 mendatang.

Hal itu dibenarkan Kadis Perhubungan Samosir Nurdin Siahaan, Senin (20/3). Menurut Nurdin, bantuan pemerintah melalui Kemenhub RI dan ASDP pusat itu merupakan tindak lanjut janji Presiden RI Joko Widodo pada kunjungan kerjanya ke Kabupaten Samosir beberapa waktu lalu.

Tahun ini selain bantuan dua unit armada Kapal Ferry, juga diawali dengan pembangunan dua unit pelabuhan atau dermaga kapal berkapasitas besar di Ambarita, Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir dan kawasan Dermaga Ajibata, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Tobasa, karena letak dan lokasi kedua unit Dermaga telah memadai dan potensial menjadi dermaga bertaraf nasional.

Nurdin yakin, dengan gencar gencarnya pembangunan di Kabupaten Samosir, selain pembangunan jalan lingkar Samosir akan diperlebar menjadi 14 meter dari bantuan pusat juga menambah sarana perhubungan danau jenis Kapal Fery akan menunjukkan perkembangan kemajuan di bidang tranportasi dan mendukung peningkatan kunjungan wisata demi meningkatkan perekonomian masyarakat lebih sejahtera di masa mendatang.

Dengan adanya pembangunan ini, kemacetan di setiap liburan di Samosir diharapkan tidak terjadi lagi apalagi pelebaran dan pengaspalan jalan hotmix lingkar Samosir serta pertambahan armada Ferry telah beroperasi akan bakal lebih lancar.

Namun, menurut Nurdin, pembangunan dermaga di dua tempat serta dua unit Kapal Ferry itu belum dapat dipasikan kapan di kerjakan. “Yang jelas pihak konsultan dari Kemenhub RI terdiri dari empat grup telah melakukan survei belum lama ini dan kita yakin program dan rencana itu akan dimulai tahun ini dan soal pengoperasian Ferry akan launching pada 2018 setelah dermaga dibangun tuntas tahun ini,” ujarnya.

Pemkab Samosir sebelumnya telah memiliki dua unit Kapal Ferry berasal dari bantuan pusat. Yakni Kapal Ferry Sumut 1 dan 2 dan 2 unit milik swasta KMP Tao Toba 1 dan 2, yang melayani jalur Tomok (Samosir) -Ajibata (Tobasa) dan Simanindo (Samosir)-Tigaras (Simalungun) dan Nainggolan (Samosir)–Muara ( Taput).

Tahun ini juga akan ditambah jalur Onanrunggu (Samosir)–Balige (Tobasa), untuk makin memperlancar sarana perhubungan yang mendukung peningkatan kepariwisataan ke berbagai daerah kawasan Danau Toba, khususnya Kabupaten Samosir.(HN)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 100%

Wind: 6.44 km/h

  • 24 Jun 2017 30°C 22°C
  • 25 Jun 2017 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px