Log in

Pemkab Samosir Akan Pecat 13 ASN Terlibat Korupsi

ORASI - Massa SGI saat menggelar orasi di gedung DPRD Batu Bara, menuntut peningkatan kesejahteraan guru honor. ORASI - Massa SGI saat menggelar orasi di gedung DPRD Batu Bara, menuntut peningkatan kesejahteraan guru honor.

Samosir,Sumatera Utara-andalas Pemerintah Kabupaten Samosir akan melakukan pemecatan terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu, yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi dan telah berkekuatan hukum tetap.

Pemecatan ASN ini merupakan tindak lanjut dari SK bersama Mendagri, Menpan RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang mencatat sebanyak 2.357 ASN terlibat tindak pidana korupsi.

"Terdapat 13  orang ASN yang akan diberhentikan,"ungkap Bupati Samosir, Rapidin Simbolon kepada andalas, Selasa (18/9) usai menghadiri pelantikan Ikatan Wartawan Online (IWO) Samosir.

Rapidin menjelaskan, ke-13 ASN yang dipecat tersebut berasal dari berbagai tingkatan. Mulai dari golongan eselon II hingga tingkatan ke bawah. Namun karena tergesa-gesa untuk melanjutkan tugas, Bupati Rapidin tidak menyebut nama-nama ke-13 ASN yang akan dipecat itu. "Pertanyaannya jangan terlalu sensitiflah,"ujarnya seraya meninggalkan awak media.

Terpisah, pegiat antikorupsi Dian P Sinaga mendukung langkah Pemerintah Kabupaten  Samosir yang akan segera memecat ASN yang terlibat tindak pidana korupsi.

"Habis aggaran daerah ini untuk menggaji ASN terlibat tindak pidana korupsi yang telah berkekuatan hukum tetap,"tegasnya.

Dian Sinaga mengatakan, berdasarkan ketentuan Undang Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Aparatur Sipil Negara. Barang siapa yang menyalahgunakan wewenang jabatannya dengan melakukan tindak pidana korupsi maka yang bersangkutan dapat dipecat. "Jadi, sesuai undang undang tersebut, ada payung hukum pemerintah untuk memecat ASN,"ujarnya.(HN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px