Log in

Pemkab Palas Bangun 128 Kios untuk Pedagang

Edi Mirson Hasibuan Edi Mirson Hasibuan

Sibuhuan,Sumatera Utara-andalas  Meningkatkan sarana bagi pedagang di setiap kecamatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Padang  Lawas melaksanakan pembangunan revitalisasi pasar tradisional di enam kecamatan.

Pembangunan pasar tradisional menelan biaya sebesar Rp6 miliar lebih itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) dengan kapasitas lima pasar tradisional tersebut revitalisasi dan satu pasar tradisional yang dibangun baru berada di Ujung Batu Unit IV, Kecamatan Hutaraja Tinggi.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan UMKM Pemkab Palas H Eddi Mirson Hasibuan, Jumat (21/9) mengatakan, pembangunan revitalisasi pasar bagi pedagang di desa maupun kecamatan itu, masih berlangsung dengan kapasitas 128 kios.

Dikatakan, tujuan dibangunnya pasar tersebut untuk menampung para pedagang dan sekaligus menata lokasi pasar yang layak sesuai standar dalam mewujudkan perkembangan kemajuan desa dan kecamatan.

Pembangunan lokasi pasar tradisional yang tersebar di enam lokasi itu dengan kapasitas 128 kios, kata dia merincikan, di Kecamatan Batang Lubu Sutam Pasar Pinarik 40 kios plus rehab losd. Di Kecamatan Barumun Tengah lokasi Pasar Binanga, 28 kios,

Di Kecamatan Aek Nabara Barumun terdapat 34 kios. Di Sihapas Barumun lokasi Pasar Gading 14 kios, Kecamatan Ulu Barumun lokasi Pasar Siraisan 12 kios plus losd. Khusus Kecamatan Hutaraja Tinggi lokasi Ujung Batu Unit IV dibangun baru dengan kapasitas empat unit losd.

Kata Mirson, untuk menempati kios pasar yang dibangun itu diprioritaskan pedagang lama. Hal itu berdasarkan  Permendag No 77/2017 Pasal 14 Ayat 2, menjamin seluruh pedagang yang sudah terdaftar untuk menempati pasar yang sudah dibangun atau sudah direvitalisasi.

“Pedagang lama tetap skala prioritas, jika sudah rampung secara keseluruhan nanti tentu akan dilaksanakan serah terima bangunan dulu kepada dinas,"jelasnya seraya menambahkan seluruh pedagang lama dan baru sudah dikeluarkan surat edaran agar tidak memercayai oknum mengatasnamakan Dinas Perdagangan dan Perindustrian, dapat mengatur untuk jatah kios.(ISN )

25°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 23 Oct 2018 27°C 22°C
  • 24 Oct 2018 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px