Log in

Pemkab Madina Peringati Hari Ibu

Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution bersama Ketua TP PKK Madina Ika Desiska Dahla Hasan saat meninjau Lomba Peningkatan Pemberdayaan Perempuan di depan Gedung Serbaguna, Panyabungan. Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution bersama Ketua TP PKK Madina Ika Desiska Dahla Hasan saat meninjau Lomba Peningkatan Pemberdayaan Perempuan di depan Gedung Serbaguna, Panyabungan.

Bupati: Dokter Perempuan Pertama dari Madina

Madina-andalas Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) memperingati Hari Ibu ke-91 tahun 2019 di halaman gedung serbaguna Desa Parbangunan Aek Godang, Panyabungan, Kamis (12/12).

Peringatan Hari Ibu ke-91 yang mengangkat tema "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju" tersebut dihadiri Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution, Sekda Madina Gozali Pulungan, Ketua TP PKK Madina Ika Desiska Dahlan Hasan, para asisten, kepala OPD dan seluruh organisasi perempuan se-Kabupaten Madina.

Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution dalam sambutannya menyampaikan, peran perempuan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam perjuangan panjang bangsa dalam meraih kemerdekaan.

Maka dari itu Bupati meminta agar ke depan acara peringatan Hari Ibu harus mengikutsertakan para pelajar SMA atau dari pesantren yang perempuan, karena mereka juga harus tau sejarah Hari Ibu.

"Harus kita tularkan pemahaman sejarah Hari Ibu ini kepada anak-anak kita yang perempuan, karena mereka jugalah nantinya yang akan menjadi ibu. Para perempuan di Madina juga harus lebih maju, karena perlu kalian ketahui dokter pertama di Indonesia ini adalah seorang perempuan dari Madina," ungkapnya.

Ketua TP PKK Madina Ika Desiska Dahlan Hasan Nasution dalam sambutanya menuturkan, jasa ibu sungguh amat tidak terhingga, cinta ibu pada anak adalah cinta tanpa pamrih. Dan cinta dari seorang ibu adalah cinta sejati yang suci.

"Ibu adalah sosok yang tak tergantikan oleh siapapun, sosok yang selalu ada ketika kita membutuhkannya, sosok yang selalu rindu ketika kita melupakannya, sosok yang selalu memaafkan ketika kita berbuat salah," sebutnya.

Peringatan Hari Ibu ini diharapkan bisa mengambil hikmah tentang pentingnya peran ibu. "Mari kita jadikan momentum ini untuk mengingat jasa-jasa ibu kita," pintanya.

Sementara itu, Kepala DP2PA Madina dalam laporannya menyampaikan, peringatan Hari Ibu diadakan Lomba Peningkatan Pemberdayaan Perempuan melalui Kewirausahaan, Lomba Peningkatan Peran Keluarga dalam pendidikan anak.

Tujuan peringatan Hari Ibu dilaksanakan untuk mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum ibu perempuan kepada seluruh masyarakat indonesia, terutama generasi muda.

"Seain itu juga untuk meningkatakan partisipasi masyarakat terhadap peran dan kedudukan kaum perempuan Indonesia dalam upaya peningkatan keutuhan dan kesejahteraan keluarga dan masyarakat," ujarnya.

Selain itu, acara ini mendukung penguatan karakter perempuan berdaya melalui sektor ekonomi kewirausahaan perempuan, sebagai salah satu solusi penurunan angka kekerasan terhadap perempuan, peningkatan peran keluarga dalam pendidikan anak, pencegahan perkawinan anak, dan pencegahan pekerja anak. (JBL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px