Log in

Pemkab Labuhan Batu Tingkatkan Dana Kredit Lunak UKM

DITINGKATKAN - Pedagang di Jalan Veteran Rt Prapat, berharap suntikan dana ditingkatkan. DITINGKATKAN - Pedagang di Jalan Veteran Rt Prapat, berharap suntikan dana ditingkatkan.

Rantau Prapat,Sumatera Utara-andalas Pemkab Labuhan Batu melalui Dinas Koperasi dan UKM meningkatkan jumlah pemberian kredit lunak untuk peningkatan modal bagi Usaha Kecil Masyarakat (UKM). Kepala Plt Diskop & UKM, Jarinsen Butar-Butar kepada wartawan, Rabu (1/3) di Rantau Prapat mengatakan, tambahan suntikan dana merupakan peningkatan modal usaha yang tergabung dalam kelompok Koperasi dan UKM.

Kenaikan drastis itu, jika dibandingkan dengan anggaran dua tahun sebelumnya. Seperti halnya 2015 dianggarkan Rp200 juta, pada 2016 tidak dianggarkan. Sementara 2017 sebesar Rp2 miliar. Terkait dengan itu, pihaknya kini melihat telah banyak masyarakat yang berminat untuk mengajukan kredit lunak guna suntikan modal usahanya."Itu dari sektor kerajinan, pembuatan roti, pande besi, rumah makan dan lain sebagainya," ujar Jarinsen.

Dalam memberikan bantuan tetap sasaran, pihaknya melakukan verifikasi secara selektif dokumen pengajuan untuk menghindari kredit macet maupun hal-hal tidak diinginkan. "Kelengkapan berkas akan diserahkan ke perbankan yang sudah ditunjuk dan dananya akan dikirim ke rekening masing-masing pemohon," katanya.

Anggota DPRD Labuhan Batu, Akhyar P Simbolon menilai, target pengembalian kredit lunak yang diberikan harus terpenuhi dan lebih diperketat dalam melakukan penyeleksian berkas pengajuan maupun peninjaun langsung ke lapangan.

Jika masyarakat mengembalikan dan memenuhi target pencapaian, pihaknya tidak tertutup kemungkinan akan meningkatkan usulan dana koperasi dan UKM kepada masyarakat. "Apalagi sempat ditiadakan suntikan dananya. Maka masyarakat selaku penerima juga harus mengikuti aturan. Tahun ini cukup meningkatkan, tujuannya tidak lain mencapai kesejahteraan," ujarnya.

Sementara, seorang pedagang gorengan di Jalan Veteran, Rantauprapat Pariadi (52) menyambut baik peningkatan dana itu. Dirinya berharap dinas terkait lebih selektif dalam penentuan pedagang penerima.(JOK)

1 comment

  • Arifin siamngunsonh
    Arifin siamngunsonh Senin, 08 Mei 2017 20:03 Kirim Komentar Lapor

    Gimana pak cara nya .dan persaratan meminjam untuk modal

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

25°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 98%

Wind: 6.44 km/h

  • 29 May 2017 30°C 24°C
  • 30 May 2017 31°C 24°C

Banner 468 x 60 px