Log in

Pemkab Labuhan Batu Apresiasi Festival Melayu


Rantau Prapat,Sumatera Utara-andalas Pelaksanaan Festival Melayu sebagai ajang apresiasi Pemkab Labuhan Batu terhadap para seniman dan budayawan dari etnis melayu, yang merupakan penduduk asli daerah Labuhan Batu. Plt Bupati H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT mengatakan hal itu, saat membuka acara festival tari dan lagu Melayu tingkat Kabupaten Labuhan Batu 2018 di Gedung Nasional Rantau Prapat, Kamis (9/8).

Plt Bupati berharap, tentunya pelaksananaan festival ini dapat menjadi motivasi masyarakat dan seniman di Labuhan Batu, untuk berkarya dalam bidang seni dan budaya etnis masing-masing, guna menuju Labuhan Batu berbudi luhur, saling hormat-menghormati, dan memiliki kesetiakawanan sosial yang tinggi.

"Festival ini sudah sewajarnya dilakukan, karena sejarah di Labuhan Batu dulunya adalah etnis Melayu. Ke depan agar kegiatan seperti ini diperbanyak, jangan hanya satu etnis yang diperlombakan, mudah-mudahan tahun depan kita bisa memperlombakan lima etnis sekaligus,"sebut Plt Bupati.

Kepada para peserta, Andi Suhaimi mengucapkan selamat berlomba, dan semoga mendapatkan hasil yang terbaik, sehingga nanti ketika dibutuhkan, Labuhan Batu sudah siap mengirimkan para peserta terbaik Festival Budaya Melayu ke tingkat provinsi.

Ketua DPD KNPI Labuhan Batu Hamzah Syahbani Nasution dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Labuhan Batu, karena KNPI selalu dilibatkan dalam acara kepemudaan, yang dilaksanakan Dinas Kepemudaan Olahraga, Budaya dan Pariwisata.

"Baru kali ini KNPI digandeng terus oleh Pemkab Labuhan Batu, ini merupakan cita-cita kami para pemuda dengan Dispora, Dispora merupakan wadah sekaligus pemberi ide dan gagasan bagi pemuda Labuhan Batu, melestarikan budaya bukan hanya kewajiban Pemkab Labuhan Batu, melainkan ini adalah tanggung jawab kita bersama," ungkap Hamzah.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Labuhanbatu Ade Huzaini SE, selaku panitia yang diwakili Kepala Bidang Kebudayaan Sarina SPd MM mengatakan, tujuan dilaksanakan festival budaya melayu yaitu guna menumbuh kembangkan pemahaman terhadap budaya tradisi warisan leluhur, untuk dapat mengantisipasi pengaruh budaya luar yang negatif serta meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Peserta perlombaan berasal dari 9 kecamatan se-Kabupaten Labuhan Batu. Masing-masing mengirimkan 1 pasang penari dan 1 pasangan duet lagu melayu, tari yang diperlombakan yaitu Tari Serampang XII. Sedangkan, lagu wajib diperlombakan yaitu Musalmah, dan Selasih Kusayang serta Cubit Sayang, Putih Kuning dan Tanjung Katung yang merupakan lagu pilihan.

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px