Log in

Pemkab Karo Terus Dukung Kegiatan Lansia

Bupati Karo Terkelin Brahmana saat diabadikan di tengah kepungan seribuan para Lansia di Kabupaten Karo. (andalas/robert tarigan) Bupati Karo Terkelin Brahmana saat diabadikan di tengah kepungan seribuan para Lansia di Kabupaten Karo. (andalas/robert tarigan)

Kabanjahe-andalas Dalam rangka menghargai dan menjunjung tinggi harkat dan martabat orang tua, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo terus mengapresiasi dan mendukung setiap kegiatan para lanjut usia (Lansia) di daerah itu.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH saat membuka perlombaan senam Lansia di Jambur Ndokum Siroga, Kecamatan Simpang Empat, Jumat (14/6), mengungkapkan rasa bahagianya dapat berkumpul, berbaur dan bersama-sama dengan para lansia seraya mengajak untuk meningkatkan perhatian, kasih sayang, dan cinta terhadap orang tua.

Menurut Bupati, dengan perlombaan senam sehat lansia ini sebagai wujud untuk melembagakan nilai-nilai sosial di dalam masyarakat untuk selalu meneladani dan menghargai keberadaan para lanjut usia.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Karo untuk berupaya memberikan peluang kepada Lansia untuk tetap sehat, aktif, dan terus berpartisipasi dalam pembangunan dan memperoleh perlindungan sosial dihari tuanya,” kata Terkelin.

"Saya ucapkan terima kasih, apresiasi serta penghargaan atas semua yang telah dilakukan selama ini, dengansatu tekad dan semangat, bahwa usia boleh tua, namun semangat harus selalu muda, selalu tampil energik, kuat, berpikir positif serta aktif dalam kegiatan pembangunan kemasyarakatan bahkan harus menjadi tauladan bagi keluarga dan masyarakat,” paparnya.

Meurut Terkelin, hati yang gembira adalah obat agar tetap tampil energik dalam kegiatan sehari-hari. Ia juga mengaku bangga melihat para Lansia yang lebih dari seribuan hadir dengan baju seragam orange yang dikenakan, ditambah senyum bahagia yang penuh semangat membuat para Lansia semakin sehat, awet muda kelihatan, seolah olah belum berumur 50 tahun.

“Manfaatkan senam Lansia ini sebagai salah satu latihan fisik yang dapat membakar kalori dan melatih otot jantung. Meski namanya senam Lansia, olahraga yang satu ini ternyata juga sesuai untuk usia berapa pun dan tingkat kebugaran apapun," harapnya.

"Pesan saya, berlombalah senam Lansia namun jaga faktor keamanan di usia Lansia ini, tujuan utama kita bukan mendapatkan hadiah namun tujuan utama adalah kesehatan, walaupun ada hadiah yang disiapkan panitia," imbuh Terkelin.

Sementara Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Sebayang menambahkan, kegiatan senam Lansia ini adalah senam yang memiliki gerakan dan kecepatan yang lebih lambat dibandingkan dengan senam aerobik pada umumnya.

"Tadi sudah disampaikan Bapak Bupati  bahwa manfaat senam Lansia antara lain meningkatkan jantung agar dapat memompa oksigen melalui darah ke seluruh tubuh dengan lebih maksimal, sehingga kegiatan kita ini menjadi lansia sehat, kuat, mandiri dan produktif," ujar Cory.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karo Robert Billy Peranginangin menjelaskan, dalam memeriahkan kegiatan tersebut pihaknya mengundang para peserta sebanyak 16 kecamatan dari 17 kecamatan se Kabupaten Karo.

Dalam lomba tersebut pihaknya menyiapkan sejumlah hadir, yakni juara I akan mendapat uang sebesar Rp5 juta, juara II Rp4 juta, dan juara III Rp3 juta. Panitia juga akan memberikan hadiah bagi juara harapan I, II dan III, totalnya sebesar Rp500 ribu. "Dana ini bersumber anggaran APBD Karo tahun 2019," sebut Robert Peranginangin.

Kegiatan ini turut dihadiri Kadis Kesehatan drg Irna safrina Meliala, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Anak dr Hartawaty Br Tarigan, Kadis Sosial Benyamin Sukatendel, Kadis Perizinan Susi Iswara Br Bangun, Kadis Perindang Almina Br Bangun, Camat Simpang Empat Amsah Perangin Angin, Kabag Humas dan Protokol Djoko Sudjarwanto serta para Muspika Simpang Empat. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px