Log in

Pemkab Karo Didesak Revitalisasi Trotoar

Salah satu pemandangan trotoar yang rusak dan luput dari perhatian dinas terkait di kota wisata Berastagi Salah satu pemandangan trotoar yang rusak dan luput dari perhatian dinas terkait di kota wisata Berastagi

Berastagi-andalas Anggota DPRD Karo Firman Firdaus Sitepu mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo segera melakukan revitalisasi trotoar yang ada di Kabupaten Karo khususnya di kota wisata Berastagi dan Kabanjahe. Sebab, trotoar adalah roh kota dan merupakan fasilitas bagi pejalan kaki.

"Berjalan kaki adalah hak asasi manusia yang paling mendasar di kota dan cermin puncak peradaban kota. Dengan berjalan kaki, kita dapat merasakan langsung atmosfer kota," kata Firman Firdaus Sitepu kepada wartawan di Berastagi, Rabu (12/6).

Dikatakannya, struktur kaki papan reklame, tiang listrik, telepon, rambu jalan, lampu penerangan jalan, hingga halte bus menyesaki trotoar yang sempit, sehingga menyulitkan dan seringkali memaksa pejalan kaki berjalan di tepi badan jalan sehingga rentan kecelakaan.

"Demikian juga trotoar berubah fungsi jadi doorsmer sepeda motor, perbengkelan, dan lainnya. Ke depan kondisi tersebut harus ditertibkan karena trotoar adalah roh kota. Dan trotoar sebagi jalur pedestrian (pejalan kaki)mempunyai peranan penting dalam sebuah kota," ujarnya.

Bupati Karo Terkelin Brahmana melalui Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Nasib Sianturi membenarkan pentingnya revitalisasi trotoar khususnya di kota wisata Berastagi seperti sepanjang Jalan Veteran hingga puncak Bukit Gundaling.

Bahkan, revitalisasi tersebut dipandang sudah cukup mendesak, mengingat usia trotoar yang ada di seputaran Berastagi sudah puluhan tahun, sudah banyak rusak dan sudah tidak layak lagi. “Perencanaan dan disainnya pembenahannya sudah siap di Bappeda Karo, tahun ini anggarannya akan di tampung di P-APBD Karo 2019. Artinya tahun ini juga sudah kita eksekusi (revitalisasi trotoar),” ujarnya.

Dikatakan, konsep disainnya dibuat elegan dengan perpaduan warna dan batu alam, dan disebagian titik akandibuat tempat-tempat duduk untuk bersantai, khususnya di lokasi-lokasi yang memungkinkan. “Sesuai instruksi Bupati, tahun ini sudah kita laksanakan. Bahkan juga direncanakan penataan trotoar sepanjang Jalan Letjen Djamin Ginting di Kabanjahe,” imbuh Nasib Sianturi.

Pantauan wartawan, di sejumlah titik di Jalan Gundaling, selain trotoar banyak rusak, sisi badan jalan yang dipenuhi rumput ilalang setinggi lutut orang dewasa dibiarkan saja apa adanya, tanpa ada rasa risih dan malu trotoar jorok dan rusak dilihat mata telanjang wisatawan.

Parahnya lagi, dinding relief budaya Karo di pintu masuk kota wisata Berastagi sudah pudar dan ditumbuhi rumput pun tidak luput menjadi perhatian dinas terkait. Anggaran perbaikan tidak membutuhkan dana yang tinggi tapi abai dalam perawatan, itu keterlaluan namanya.

Mirisnya lagi, keadaan trotoar yang tidak terawat dan ditumbuhi rumput setinggi lutut, tidak jauh dari hotel-hotel berbintang. Selain itu, kotoran kuda juga banyak berceceran di sepanjang jalan. Merasa bukan menjadi tanggungjawab dinasnya dan tingginya ego lintas sektoral ditenggarai penyebab hal itu dibiarkan saja.

Terpisah, akademisi Universitas Quality Berastagi Roy Belanta SH MH menuturkan, banyak yang abai dengan hak pejalan kaki di jalur trotoar. Padahal, U  Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009, sudah mengatur perlindungan terhadap pejalan kaki.

"Trotoar yang rusak membuat pejalan kaki tidak nyaman saat melintas, terutama trotoar banyak digunakan pelajar untuk berjalan kaki dan juga bagi warga yang melintas pada malam hari, apalagi bila penerangan jalannya sangat minimm" ujarnya.

Bahkan, lanjuynya, wisatawan yang berkunjung ke Berastagi sering menggunakan trotoar sebagai jalur berjalan kaki untuk menikmati kota Berastagi. “Belum lagi sejumlah warga sering menggunakan trotoar di seputaran Jalan Gundaling untuk jogging atau olahraga sore hari. Betapa pentingnya trotoar bagi kepentingan warga,” tegasnya. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px