Log in

Pemkab Humbahas Seleksi Jabatan Kepala Sekolah

Jamilin Purba Jamilin Purba

Dolok Sanggul,Sumatera Utara-andalas Meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Pemkab tersebut melalui Dinas Pendidikan akan menggelar seleksi untuk 218 jabatan kepala sekolah tingkat SD dan 44 jabatan kepala sekolah tingkat SMP di daerah itu.

Kepala Dinas Pendidikan Humbahas Jamilin Purba kepada andalas di ruang kerjanya, Selasa (2/5) mengatakan, seleksi ujian kepala sekolah tingkat SD dan SMP di daerah itu akan digelar Senin-Rabu, (8-10/5) mendatang. Seleksi kepala sekolah itu, meliputi ujian akademik, presentase dan wawancara.

“Sebelumnya, 17-20 April lalu, kita sudah membuka pendaftaran. Sejauh ini peserta yang mendaftar calon kepala SD sebanyak 55 orang dan calon kepala SMP sebanyak 43 orang,” sebutnya.

Disebutkan, syarat peserta seleksi calon kepala sekolah yakni tenaga guru atau kepala sekolah, minimal golongan III C, S-1 dan masa kerja minimal lima tahun.  “Pelaksanaan ujian seleksi kepala sekolah itu melibatkan pihak Unimed (Universitas Negeri Medan) dengan panitia seleksi (Pansel) Dinas Pendidikan dan Inspektorat kabupaten,” jelas Jamilin.

Ditanya minimnya peminat kepala sekolah khususnya tingkat SD, Jamilin berasumsi, kepala sekolah yang sedang menjabat namun tidak mengikuti seleksi, kemungkinan bisa bertahan dan juga dimutasi. Hal tersebut dilihat dari prestasi kerja kepala sekolah.

“Kita lihat saja nanti, yang sedang menjabat kepala sekolah bisa saja bertahan namun bisa juga dimutasi dan itu dinilai dari prestasi kepala sekolah,” kata  Jamilin sembari menyebut, dalam seleksi kepala sekolah tingkat SD dan SMP tidak ada lobilisasi atau deking-dekingan.

“Pelaksanaan seleksi kepala sekolah berjalan murni tanpa ada pungutan dengan alasan apapun. Kalau ada mengaku bisa meloloskan calon kepala sekolah silahkan dikonfirmasi ke Pansel dan dilaporkan ke tim pemberantasan pungutan liar (pungli) Humbahas,”tandasnya. (AND)

1 comment

  • Pantas Purba
    Pantas Purba Rabu, 03 Mei 2017 21:13 Kirim Komentar Lapor

    Alasan Kepala SD yg sedang menjabat tdk ikut seleksi asumsi saya:
    1. Menganggap seleksi ini bak film begu begu, atau
    2. Tidak berminat jadi kompetitor,
    3.Pasrah diganti, atau
    4. Tidak PD lagi karena "gabtek"
    Mari alasan ini kita coba menjadi polling alasan.

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

25°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 23 Jul 2017 31°C 21°C
  • 24 Jul 2017 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px