Log in

Pemkab Batu Bara akan Bantu 223 RTLH

DINAS Perkim bersama Kejaksaan Negeri Batu Bara saat menggelar sosialisasi hukum kepada Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) dan Koordinator Fasilitator (Korfas). DINAS Perkim bersama Kejaksaan Negeri Batu Bara saat menggelar sosialisasi hukum kepada Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) dan Koordinator Fasilitator (Korfas).

Batubara-andalas Sebanyak 223 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Batu Bara akan menerima bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS). Bantuan akan diserahkan kepada penerima di tahun 2019 ini.

"Tahun ini sebanyak 223 RTLH di Batu Bara akan diberi bantuan melalui program BSPS. Saat ini kita masih tahap perencanaan oleh TFL dan Korfas. Setelah tahap perencanaan, baru kita salurkan," kata Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Batu Bara Norma Deli Siregar, Kamis (14/3).

Pernyataan Norma Deli tersebut disampaikannya pada acara Pembekalan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) dan Koordinator Fasilitator (Korfas) di Kantor Dinas Perkim, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Batu Bara.

Ia mengatakan, dari data di Dinas Perkim, saat ini ada sekitar 6.000 RTLH di Batu Bara. Secara bertahap, RTLH di Batu Bara akan diberi bantuan stimulan hingga rumah mereka layak huni. Bantuan tersebut akan disalurkan secara langsung (tunai) ke rekening penerima.

"Bantuannya itu nanti langsung ke rekening penerima. Jadi, pemilik rumah nanti yang membuat rencana anggaran biayanya. Kita melalui TFL dan Korfas hanya sebagai pendamping (fasilitator) dan pengawas," katanya.

Untuk tahap awal, katanya, Dinas Perkim dan tenaga fasilitator akan melakukan sosialisasi kepada penerima di setiap kecamatan. Selain itu, untuk memastikan program ini benar-benar tepat sasaran, Dinas Perkim dan tenaga fasilitator juga akan langsung melakukan survei rumah yang akan diberi bantuan.

"KIta akan pastikan sesuai dengan kriteria yang telah diatur. Nanti kita sosialisasikan ke seluruh kecamatan dan akan kita cek lagi rumahnya sesuai kriteria RTLH," ujarnya.

Selain itu, agar tidak muncul permasalahan dalam program bantuan ini, Dinas Perkim meminta Kejaksaan Negeri Batu Bara untuk melaksanakan sosialisasi penyuluhan hukum baik kepada tenaga fasilitator maupun penerima bantuan.

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Batu Bara Riswan Simarmata mengharapkan agar program ini tepat sasaran sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyafakat. Kepada tenaga fasilitator, ia meminta agar bekerja dengan sungguh-sungguh.

"Program ini harus tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Kepada tenaga fasilitator kita minta bekerja sungguh-sungguh. Tantangan pasti akan banyak di lapangan."

"Kenapa dia dapat, aku gak dapat? Itu saudaraku, kenapa gak dapat? Pasti akan banyak muncul pertanyaan-pertanyaan seperti itu dari masyarakat. Jadi, fokus saja pada tugas kita. Sosialisasikan dulu, interview yang bersangkutan, kalau memang tidak layak menerima bantuan, ya kita coret," ujarnya. (PR)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px