Log in

Pembangunan SMPN III di T Balai- Asahan Terkesan Dipaksakan

Dipaksakan-Pembangunan gedung Unit Sekolah Baru (USB) SMPN III Tanjung Balai Asahan, menguras uang negara miliaran rupiah terkesan dipaksakan. (andalas/hamdan rangkuti) Dipaksakan-Pembangunan gedung Unit Sekolah Baru (USB) SMPN III Tanjung Balai Asahan, menguras uang negara miliaran rupiah terkesan dipaksakan. (andalas/hamdan rangkuti)

Kuras Uang Negara Miliaran Rupiah

Asahan-andalas Pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SMP Negeri III berada di Dusun II, Desa Pematang Sei Baru, Kecamatan Tanjung Balai Asahan, selain dinilai tak layak dan terkesan dipaksakan, juga dituding telah menguras uang negara hingga miliaran rupiah.

Dari penelusuran andalas, kemarin, lokasi dibangunnya unit sekolah baru tersebut sangat mendukung, karena Dusun II Desa Pematang Sei Baru tersebut merupakan daerah terpencil dengan sumber pendapatan penduduknya sebahagian besar adalah petani.

Pada radius lima kilometer dari dusun tersebut tidak terdapat sekolah SLTP atau MTS negeri. Walaupun pembangunan unit sekolah baru SMPN III dimaksud merupakan hasil studi kelayakan. Namun, sangat disayangkan letak bangunan sekolah tersebut berada di atas rawa, dan minim fasilitas air bersih. Ironisnya lagi, jika terjadi pasang besar lokasi tersebut pasti akan terkena dampak.

Fadly Harun SH, pemerhati dunia pendidikan di Kabupaten Asahan ketika dimintai tanggapannya, Minggu (19/3), terkait adanya bangunan unit sekolah baru berdiri di atas rawa mengatakan, pembangunan unit sekolah baru dewasa ini sangat diperlukan. Hal ini bertujuan mendukung program pemerintah dalam menuntaskan wajib belajar sembilan tahun."Namun, bukan berarti program yang sudah dicanangkan tersebut disalahartikan, misalnya keberadaan USB yang berada ada di tengah rawa,"katanya.

Padahal, sudah jelas bagi penerima dana hibah untuk pembangunan unit sekolah baru memiliki beberapa kriteria khusus,yaitu kemiringan tanah kurang dari 15 persen. Mudah dijangkau siswa, bebas dari banjir, genangan air, dan rawa. "Jadi, melihat kondisi bangunan USB SMPN III saat ini, pembangunannya terkesan dipaksakan dan bisa menimbulkan dugaan mengarah pada tindak pidana korupsi,"pungkas Fadly. (FAS)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

30°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 78%

Wind: 11.27 km/h

  • 23 May 2017 30°C 23°C
  • 24 May 2017 30°C 24°C

Banner 468 x 60 px