Log in

Pasar Rakyat Sibuea Solusi Atasi Macet di Laguboti

KONDISI Kota Laguboti terlihat sembraut akibat banyak pedagang yang berjualan di tepi badan jalan, ke depan hal seperti itu diharapkan tidak terjadi lagi setelah diremikannya Pasar Rakyat Sibuea. KONDISI Kota Laguboti terlihat sembraut akibat banyak pedagang yang berjualan di tepi badan jalan, ke depan hal seperti itu diharapkan tidak terjadi lagi setelah diremikannya Pasar Rakyat Sibuea.

Tobasa-andalas Kepala Desa Sibuea RE Sibuea, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) mengaku bangga atas dibangunya Pasar Rakyat Sibuea Laguboti oleh pemerintah. Sebab, selain tempat transaksi jual beli antara pedagang dan pembeli, pasar tersebut menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan di Kota Laguboti.

"Salah satu penyebab terjadi kemacetan kota selama ini karena banyak pedagang sembako, rempah-rempah, buah-buahan dan sayur-sayuran berjualan di tepi badan jalan. Jadi kami bersyukur dan senang Pasar Rakyat Sibuea dibangun. Mudah-mudahan ke depan ini tidak ada lagi pedagang berjualan di tepi jalan," kata RE Sibuea seusai Wakil Bupati Hulman Sitorus bersama Kadis Perinkop UKM Marsarasi Simanjuntak dan tokoh masyarakat Desa Sibuea membuka selubung plang merek pasar tersebut, Senin (13/5) lalu.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Perinkop UKM Tobasa Marsarasi Simanjuntak. Kemacetan dan kesembrautan kota Laguboti akan berkurang dengan keberadaan Pasar Rakyat Sibuea Laguboti. Karena pedagang buah-buahan, sayur-sayuran dan lainnya sudah masuk berjualan di dalam Pasar Rakyat Sibuea.

"Kita harapkan pedagang jangan lagi ada berjualan di tepi badan jalan kota, khususnya pedagang sembako dan lainnya," kata Marsarasi Simanjuntak.  Untuk memastikan hal itu, katanya, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) sudah bisa melakukan penertiban sebagai tindak lanjut pemanfaatan Pasar Rakyat Sibuea tersebut.

Dalam peresmian pemanfaatan pasar rakyat tersebut, Wakil Bupati Tobasa Hulman Sitorus juga memerintahkan kepada Satpol PP Tobasa supaya rutin melakukan penertiban sehingga perdagang tidak lagi berjualan di tepi jalan. "Selama ini pedagang banyak memanfaatkan tepi badan jalan sebagai tempat berjualan. Ke depan jangan ada lagi seperti itu," ujar Wakil Bupati. (EDU)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px