Log in

Panwaslih Dairi Ajak Masyarakat Berpartisipasi Awasi Pemilu

PAPARAN-Ketua Panwaslih Kabupaten Dairi, Jadi Surirang Berutu menyampaikan paparan dalam Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019 di Hotel Mutiara Sidikalang. (ANDALAS/PARULIAN NAINGGOLAN) PAPARAN-Ketua Panwaslih Kabupaten Dairi, Jadi Surirang Berutu menyampaikan paparan dalam Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019 di Hotel Mutiara Sidikalang. (ANDALAS/PARULIAN NAINGGOLAN)

Sidikalang-andalas Mewujudkan pemilu berkwalitas dan demokratis, seluruh komponen masyarakat diharapkan berpartisipasi melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan Pemilu. Harapan itu disampaikan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslih) Kabupaten Dairi pada Focus Gruop Discussion dan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Dalam Rangka Pemilu 2019, di Hotel Mutiara Sidikalang, kemarin.

Kegiatan diikuti siswa Kelas III SMA/sederajat selaku pemilih pemula, mahasiswa, pekerja media dan penggiat LSM di Kabupaten Dairi. Ketua Panwaslih, Jadi Surirang Berutu bersama komisioner Pandapotan Rajagukguk dan Maimanah Angkat secara bergilir menyampaikan paparan seputar aturan dan peraturan kepemiluan dan mengajak komponen masyarakat untuk berpartisipasi melakukan pengawasan terhadap tahapan maupun penyelenggaraan Pemilu.

“Untuk mewujudkan Pemilu berkualitas, jujur dan sesuai dengan prinsip demokrasi, dibutuhkan partisipasi dan sinergitas antara penyelenggara Pemilu, peserta Pemilu, masyarakat pemilih, pemerintah dan stakeholder terkait lainnya," sebut Jadi Surirang.

Keterbatasan jumlah personel Panwaslih di tengah luasnya cakupan wilayah kerja diharapkan dapat teratasi melalui peran dan partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan sehingga angka pelanggaran Pemilu dapat ditekan.

Devisi Pencegahan, Maimanah Angkat menggaransi, pihaknya akan selalu terbuka untuk menerima saran, kritikan serta berjanji akan melakukan proses tindaklanjut jika mendapatkan informasi awal tentang adanya dugaan pelanggaran Pemilu. Hal ini sesuai dengan jargon Bawaslu,  ‘Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan,"sebutnya.

Pandapotan Rajagukguk menyebut, sosialisasi diharapkan akan menumbuhkembangkan dan mendongkrak partisipasi masyarakat dalam pengawasan. Peserta sosialisasi diharapkan menjadi corong dan berkontribusi menyukseskan Pemilu 2019 mendatang, termasuk agenda terdekat, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara yang akan dilaksanakan bersamaan dengan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Dairi pada, 27 Juni 2018 mendatang.

Menurutnya, selain melakukan pengawasan, partisipasi masyarakat juga dapat dilakukan dalam bentuk edukasi kepada warga masyarakat di lingkungan masing-masing tentang esensi Pemilu. (GOL)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 80%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Nov 2017 28°C 23°C
  • 22 Nov 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px