Log in

Panitia Gelar Pementasan Sejarah Sisingamangaraja Raja XII

BINCANG - Bupati Dosmar Banjarnahor didampingi Sekdakab Tonny Sihombing dan beberapa panitia tengah berbincang dengan insan pers terkait Hari Jadi Humbahas BINCANG - Bupati Dosmar Banjarnahor didampingi Sekdakab Tonny Sihombing dan beberapa panitia tengah berbincang dengan insan pers terkait Hari Jadi Humbahas

Puncak Peringatan Hari Jadi ke-15 Humbahas

Dolok Sanggul,Sumatera Utara-andalas  Pada puncak peringatan Hari Jadi ke-15 Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) yang dipusatkan di kompleks Markas Sisingamangaraja XII, Pea Raja, Desa Sion Sibulbulon, Kecamatan Parlilitan 28 Juli mendatang, panitia akan menggelar pementasan sejarah perjalanan pahlawan nasional Sisingamangaraja XII. Pementasan itu akan dilakukan melalui pagelaran seni dan budaya dalam bentuk drama dan puisi.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor didampingi Sekdakab, Tonny Sihombing dan pantia Hari Jadi ke-15 Humbahas kepada sejumlah wartawan di ruang bupati, kemarin, mengatakan, pementasan pahlawan Sisingamanngaraja itu dilakukan guna merefresh kembali sejarah perjuangan Sisimangaraja XII dalam melawan panjajah dari tanah batak.

Dia juga menyampaikan tujuan pelaksanaan hari jadi Humbahas di Parlilitan bukan untuk sekadar mencari suasana baru namun untuk menyentuh semua pihak agar memberikan perhatian/ penataan markas dan makam Sisingamangaraja yang ada di Parlilitan. Tujuan lain untuk mendekatkan pembangunan ke daerah pinggiran Kabupaten Humbahas.

“Selama ini, markas dan makam pahlawan Sisingamaraja seolah terabaikan dan luput dari perhatian Pemprovsu bahkan pemerintah pusat. Harapan kita ke depan, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat atau pengusaha sukses dari daerah itu akan turut memberikan perhatian untuk perawatan dan pemugaran peninggalan Sisimangaraja. Sebab hal tersebut bukan hanya tanggung jawab Pemkab Humbahas namun semua pihak yang menikmati sudah kemerdekaan,” jelasnya.

Sumbangsih lain, Dosmar mengharapkan pihak Pemprovsu untuk terus membenahi jalan provinsi menuju Pakkat Parlilitan sebab akses jalan salah satu penunjang untuk berkunjung ke makam dan markas Sisingamangaraja di Parlilitan.

Pada puncak peringatan Hari Jadi Humbahas itu, tambah bupati, pihaknya akan menyiapkan sarana akomodasi dari Dolok sanggul dan beberapa kecamatan lainnya. Hal itu guna memperlancar dan menumbuhkan animo masyarkat untuk mengikuti secara langsung puncak peringatan Hari Jadi Humbahas."Ke depan peringatan HUT Humbahas itu akan dilakukan secara bergilir di kecamatan lain sesuai dengan potensi yang akan ditonjolkan daerah itu,"katanya. (AND)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 82%

Wind: 11.27 km/h

  • 20 Jul 2018 30°C 24°C
  • 21 Jul 2018 31°C 23°C

Banner 468 x 60 px