Log in

OPD Pemkab Karo Harus Saling Bersinergi dengan Bappeda

Musrenbang-Bupati Terkelin Brahmana didampingi Kepala Bappeda Nasib Sianturi saat menghadiri Musrenbang Provsu 2018. Andalas/robert tarigan Musrenbang-Bupati Terkelin Brahmana didampingi Kepala Bappeda Nasib Sianturi saat menghadiri Musrenbang Provsu 2018. Andalas/robert tarigan

Hadiri Musrenbang Provsu 2018

Kabanjahe-andalas Dalam waktu tidak lama lagi, Pemprovsu akan membangun kawasan Medan, Binjai, Deli Serdang dan Karo (Mebidangro) dengan sistem infrastruktur transportasi massal berbasis rel, guna mengantisipasi kemacetan di sejumlah titik di kawasan tersebut. Selain itu, pengembangan destinasi wisata Danau Toba, pembangunan jalan Tanjung Morawa-Saribu Dolok-Tongging (Rawasaring). Dengan nanti selesainya jalur tol Rawasering akan menyingkat waktu ke Bandar Udara Kualanamu (KNIA) Deli Serdang dan sejumlah proyek strategis nasional lainnya di Sumatera Utara.

Untuk itu, Kabupaten Karo juga harus berlomba “menjolok” pembangunan dengan daerah lainnya. Seluruh SKPD efektif berkomunikasi dan saling bersinergi dalam menyusun perencanaan pembangunan.Jangan jalan sendiri-sendiri. Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang satu dengan OPD lainnya harus efektif berkomunikasi dan bersinergi supaya tercipta pembangunan terpadu, saling mendukung satu sama lain. Demikian diungkapkan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH  didampingi Kepala Bappeda Karo Ir Nasib Sianturi MSi, saat menghadiri pembukaan Musrenbang Provinsi Sumatera Utara 2018, Kamis (12/4) di Hotel Santika Premiere Dyandra Hotel Medan.

Seperti kebutuhan dari OPD kemudian ditampung Bappeda semua masukan. Setelah itu baru masuk ke Bappeda provinsi, yakni Musrenbang tingkat provinsi. Jangan nanti ada masuk ditengah jalan, semua harus satu pintu, kemudian ada juga nanti membuat program ke pusat tidak melalui Bappeda Kabupaten Karo, mungkin para OPD karena kenal di pusat, lalu lakukan lobi-lobi tanpa mekanisme di atas. "Nah ini sudah tidak zamannya lagi, karena sekarang sudah transparansi dan E-Planning,  ini yang  kita inginkan, ke depan sehingga di musrembang tingkat Provsu sudah tertampung rencana kegiatan terencana," tegasnya.

Senada dengan itu, Nasib Sianturi, selaku Kepala Bappeda Karo mengatakan, selama dua hari berturut-turut sebanyak 20 orang pejabat eselon II Pemkab Karo hadir sejak Senin (9/4) hingga Rabu (11/4/2018) mengikuti pra musyawarah perencanaan pembangunan rencana kerja pembangunan daerah provsu (Musrenbang RKPD Provsu) 2018 di Hotel Santika Medan.

Jadi untuk Pemkab Karo semua aspirasi para OPD dalam dinasnya, harus mengusulkan melalui Bappeda. Kemudian prioritas dan saran pembangunan yang nantinya akan dijaring berdasarkan skala prioritas pembangunan untuk dimasukkan sebagai masukan dan saran ke musrembang provinsi. "Begitulah sistem yang diterapkan, tahun ini maupun untuk 2019 ke depan," jelasnya.

Di akhir acara, Bupati Karo didampingi Nasib Sianturi meninjau stand Bappeda Karo, yang disambut Staf Ekonomi Rut Br Ginting, yang sudah memajangkan dan mempromosikan pembangunan Kabupaten Karo kepada para ASN Kabupaten/Kota se-Provsu, segala hasil perencanaan yang selama ini dihasilkan dari produk-produk IKM binaan Dinas Koperindag/Dekranasda Kabupaten Karo.Tampak Hadir dalam acara tersebut Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Walikota/Bupati se-Provsu. (RTA)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 82%

Wind: 11.27 km/h

  • 23 Apr 2018 30°C 23°C
  • 24 Apr 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px