Log in

Nelayan Madina Terima Batuan Rumah dari Kemen PUPR

Viktor Jahoras Naibaho, perwakilan Satker Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Dirjen Kemen PUPR menyerahkan secara simbolis kunci rumah khusus nelayan kepada Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution, Sabtu (13/4). (adalas Jeffry Barata Lubis) Viktor Jahoras Naibaho, perwakilan Satker Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Dirjen Kemen PUPR menyerahkan secara simbolis kunci rumah khusus nelayan kepada Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution, Sabtu (13/4). (adalas Jeffry Barata Lubis)

Panyabungan-andalas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) RI menyerahkan kunci Rumah Khusus Nelayan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mandailing Natal (Madina) di Kecamatan Batahan, Sabtu (13/4).

Rumah khusus nelayan tipe 28 sebanyak 50 unit tersebut diserahkan Satker Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Dirjen Kemen PUPR yang diwakili Viktor Jahoras Naibaho dari Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Sumatera Utara kepada Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution.

Dalam sambutanya Viktor Jahoras Naibah mengatakan, pembanguan Rumah Khusus Nelayan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah Pusat kepada masyarakat pesisir. Program bantuan rumah khusus nelayan ini akan terus berjalan sepanjang lahannya ada disediakan.

"Jika ada lahannya yang layak silahkan ajukan, kita akan proses. Yang menempati perumahan ini nantinya adalah hasil dari verifikasi pemerintah daerah. Dan kepada masyarakat yang menempati rumah ini nanti mohon dirawat," harapnya.

Sementara itu, Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution menyampaikan terima kasih atas bantuan pembangunan rumah rumah khusus nelayan yang dibangun Kemen PUPR RI. Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Pusat kepada para nelayan.

"Saya dengar tadi dari Camat ada lagi masyarakat yang mau menghibahkan tanah seluas 3 hektar, saya minta kepada supaya segera menyerahkan lahan tersebut kepada Kementerian PUPR, dengan begitu nelayan yang lain bisa mendapat bantuan serupa," ujarnya.

Bupati juga berharap kepada para nelayan penerima bantuan agar menjaga dan merawat rumah dengan baik. Namun pihaknya akan lebih dulu melakukan verifikasi kepada masyarakat nelayan, siapa yang layak untuk menempati bantuan rumah tersebut.

"Untuk itu saya minta kepada Kepala Dinas Perkim Madina supaya berlaku jujur untuk melakukan verifikasi," pintanya. Sementara Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Madina Rahmadsyah Lubis, kepada andalas menyampaikan, bangunan rumah khusus nelayan berjumlah 50 unit. Sementara jumlah masyarakat yang mendaftar untuk mendapatkan bantuan rumah tersebut lebih banyak.

"Masyarakat yang mendaftar banyak, maka Pemkab Madina akan melakukan verifikasi. Kita akan langsung turun ke lapangan untuk memverifikasi masyarakat yang telah mendaftar. Tentunya kita akan utamakan masyarakat yang kurang mampu," terangnya (JBL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px