Log in

Narkoba Bisa Jadi Senjata Mematikan Dalam Proxy War

HANI - Sekdakab diabadikan bersama Kepala BNNK Langkat dan undangan lainnya pada peringatan HANI 2018 di Aula PKK HANI - Sekdakab diabadikan bersama Kepala BNNK Langkat dan undangan lainnya pada peringatan HANI 2018 di Aula PKK

Stabat,Sumatera Utara- andalas BNNk Langkat menggelar acara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2018 di Aula Gedung PKK Langkat, di Stabat, Kamis (12/7). Dalam arahannya, Sekadakab Langkat, dr H Indra Salahudin MKes MM membacakan sambutan tertulis Presiden yang mana antara lain menyebutkan bahwa sesuai dengan  tema “Mendengar Suara Hati Anak– Anak dan Generasi Muda Merupakan Langkah Awal Untuk Membantu Mereka Tumbuh Sehat dan Aman Dari Penyalagunaan Narkotika,” maka kita harus menyatukan  dan menggerakkan seluruh kekuatan bangsa dalam perang melawan narkoba untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dan kuat tanpa narkoba.

Sebab perang terhadap narkoba, menuntut seluruh komponen masyarakat maupun elemen bangsa bergerak secara aktif  melawan kejahatan terograsnisir yang sudah bersifat lintas negara, karena kejahatan narkoba adalah kejahatan luar biasa yang harus ditangani dengan serius. Apabila tidak ditangulangi dari sekarang, maka narkoba justru dapat digunakan menjadi senjata mematikan dalam proxy war untuk melumpukan keberlangsungan hidup bangsa dan negara.

“Karena itu, narkoba menjadi ancaman terbesar bagi bonus demografi bangsa pada 2030. Untuk itu, selain startegi pendekatan hukum dan pendekatan kesehatan, upaya pencegahan narkoba harus ikut memberdayakan masyarakat luas secara optimal, dengan turut serta aktif dalam menanggulani permasalahan narkoba,” ujarnya.

Sedangkan Kepala BNNK Langkat AKBP Dr H Ahmad Zaini  SH MH dalam laporannya mengatakan, dari hasil survei nasional penyalahgunaan narkoba di 34 provinsi Indonesia 2017 oleh BNN bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia, maka diperoleh angka prevalensi penyalagunaan narkoba sebesar 1,77% dari total penduduk Indonesia, dimana 12.000 orang meningal setiap tahun.

Karena itu, semua elemen masyarakat harus bersatu melawan narkoba, meski selama ini telah banyak upaya yang dilakukan BNN pada pencegahan dan pemberantasan narkoba. Salah satunya dilakukan BNN adalah berupa advokasi, sosialisasi, penyuluhan dan kampanye stop narkoba dengan 10.939 kegiatan melibatkan 2.525.131 orang dari berbagai kalangan, baik kelompok masyarakat, pekerja, maupun pemuda, remaja dan pelajar.

Kegiatan tersebut turut dimeriahkan dengan berbagai penampilan kesenian kreasi anak muda, serta penyematan pin kepada 83 relawan anti narkoba. Turut hadir dalam acara tersebut Kapolres Langkat, Dandim 0203/Langkat, Kajari Langkat, Kepala PN Stabat, Dan Raider Langkat, Kepala Lapas Tanjung Pura, Dan Marinir Tangkah Lagan, sejumlah kepala SKPD Langkat, para tokoh agama/ masyarakat/ pemuda, pelajar dan wartawan. (BD)

24°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 98%

Wind: 4.83 km/h

  • 17 Nov 2018 30°C 22°C
  • 18 Nov 2018 28°C 23°C

Banner 468 x 60 px