Log in

Musrenbang Palas Prioritaskan Percepatan Pembangunan

BERSAMA - Pjs Bupati Palas Armand Efendy Pohan didampingi Sekda Arpan Nasution dan Kaban Bappeda Hj Yenny Nurlina Siregar diabadikan bersama Forkopimda dan utusan perwakilan Gubsu dan Bappeda Sumut BERSAMA - Pjs Bupati Palas Armand Efendy Pohan didampingi Sekda Arpan Nasution dan Kaban Bappeda Hj Yenny Nurlina Siregar diabadikan bersama Forkopimda dan utusan perwakilan Gubsu dan Bappeda Sumut

Sibuhuan,Sumatera Utara-andalas  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Padang Lawas 2018 menitikberatkan skala prioritas percepatan pembangunan daerah di berbagai sektor mewujudkan Kabupaten Palas Bercahaya.Kegiatan Musrenbang Kabupaten Palas dibuka Pjs Bupati Palas Ir Armand Efendy Pohan MSi, Senin (12/3) di Aula Hotel Syamsiah Sibuhuan.

Dihadiri 200 peserta terdiri dari seluruh pemangku kepentingan dari unsur DPRD pimpinan instansi dan lembaga vertikal, OPD di lingkungan Pemkab Palas, camat, unsur tokoh masayarakat, LSM dan Organisasi Pemuda, perbankan dan insan Pers. Turut hadir Kaban BPBD Provinsi Sumut Dr Ir H Riadil Akhir Lubis MSi, mewakili Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dan Sekretaris Bappeda Sumut Dr Ir Munir Tanjung dan staf Iqbal Mahyuddin MSi dan Ir Robet Saut Sibarani 

Kaban BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis mewakili Gubsu, mengapresiasi dan penghargaan terselenggaranya Musrenbang RKPD Kabupaten Palas. Dikatakan, dalam rangka memenuhi amanat UU No 25/2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan Peraturan Pemerintah No 8/2008 tentang tahapan, tata cara penyusunan dan evaluasi rencana pembangunan daerah serta memedomani Permendagri No 86/2017, tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJPD, RPJMD dan RKPD serta perubahannya.

Forum Musrenbang memiliki makna sangat penting dan strategis, seluruh pemangku kepentingan dapat melakukan penajaman, penyelarasan, dan klarifikasi terhadap usulan rencana pembangunan sehingga tercapai kesepakatan terhadap rancangan RKPD 2019 yang telah disusun Pemkab Palas. RKPD mempunyai kedudukan peran dan fungsi sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, secara substansial merupakan penjabaran visi misi dan program kepala dearah yang telah ditetapkan dalam RPJMD.

Pjs Bupati Palas Armand Efendy Pohan mengatakan, Musrenbang RKPD merupakan simpul akumulasi merumuskan nilai strategis dalam upaya mencapai tujuan pembangunan nasional dan daerah. Hal itu guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Upaya mewujudkan itu, adanya penyusunan perencanaan yang aspiratif dan partisipatif dengan menerapkan perencanaan elektronik atau dikenal dengan e-Planning. Diharapkan, perencanaan pembangunan Kabupaten Palas dapat tepat waktu dan tepat sasaran. Musrenbang dengan tema "Percepatan Pembangunan Kabupaten Palas di Berbagai Sektor untuk Mewujudkan Palas Bercahaya".

Dengan prioritas sasaran pembangunan meningkatkan pengelolaan/pemanfaatan SDA untuk peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan rakyat/infrastuktur, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, mendorong makin berkembangnya masyarakat religius dalam kerukunan antar maupun intra umat beragama, meningkatkan tata kelola pemerintah yang demokratis, bersih, akuntabel, transparan secara efektif dan efisien (good governance).

Sebelumnya Kaban Bappeda Palas Hj Yenny Nurlina Siregar SP mengatakan, pelaksanaan musrenbang ini merumuskan sesuatu bernilai strategis diawali penyusunan perencanaan yang aspiratif dan partisipatif. Diharapkan, Musrenbang mengahsilkan kesepakatan dan komitmen tentang rencana program dan kegiatan pembangunan memerlukan pembiayaan dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, APBN, Swadaya masyarakat dan dunia usaha.

Ditambahkan Hj Yenny, Musrenbang RKPD dilaksanakan sehari dengan agenda, pembukaan, diskusi. Dengan tujuan mendapatkan penyempurnaan rancangan RKPD tahun 2019,memuat prioritas pembangunan daerah, rancangan alokasi program dan pagu indikatif pendanaan berdasarkan fungsi perangkat daerah. Selain itu, mendapatkan masukan guna penyempurnaan rancangan renja perangkat daerah 2019, khususnya berhubungan dengan kegiatan pembangunan menyentuh langsung kebutuhan dasar masyarakat, sesuai tema Musrenbang.(ISN)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

22°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 25 Jun 2018 28°C 22°C
  • 26 Jun 2018 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px