Log in

Mulai 1 Januari 2018, PT Kesda Karo Dikelola Kemen

Bersama-Bupati Terkelin Brahmana didampingi Direktur AKBID Pemkab Karo Siang Br Tarigan, sejumlah anggota DPRD Karo diabadikan bersama di kantor Kemenkes RI. Andalas/ist Bersama-Bupati Terkelin Brahmana didampingi Direktur AKBID Pemkab Karo Siang Br Tarigan, sejumlah anggota DPRD Karo diabadikan bersama di kantor Kemenkes RI. Andalas/ist

Kabanjahe-andalas Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI akan mengambilalih pengelolaan Perguruan Tinggi Kesehatan milik daerah (PTKesda) seperti Akademi Bidan (Akbid) Pemkab Karo.

Direktur Akbid Pemkab Karo, Siang Tarigan SPd SKep MKes membenarkan pengambil alihan tersebut berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Terhitung tanggal 1 Januari 2018 mendatang, Akademi Kebidanan (Akbid) Pemkab Karo resmi diambil alih dan dikelola Kementerian Kesehatan RI.

"Benar, pada 28 Agustus 2017 kemarin, dengan nomor : OT.0103/1/002036/2017, kami telah menyerahkan surat permohonan persetujuan penyerahan pengalihan aset dari Ketua DPRD Kabupaten Karo ke Kemenkes RI di Jakarta,”kata Siang Tarigan, di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jalan Hang Jabat 3 Blok F3 kebayoran Baru Jakarta Selatan, Senin (14/11).

Menurut Siang, surat tersebut merupakan syarat akhir yang harus dipenuhi dalam alih kelola Akbid Pemkab Karo, dari milik Pemda ke Kemenkes RI.  Terakhir, kami menerima surat dari Menteri Dalam Negeri RI No 440/4111/SJ tanggal 6 September 2017, agar Perguruan Tinggi Kesehatan Daerah (PTKESDA) yang akan dikelola Kemenkes RI dapat segera menyampaikan Berita Acara Serah Terima (BAST) ke Kemendagri, dan BKN dapat melakukan pengalihan personil PNS PTkesda yang diberlakukan mulai 1 Januari 2018.

"Untuk itu, hari ini saya bersama Bupati Terkelin Brahmana didampingi sejumlah anggota DPRD Karo dari Komisi C, juga ikut berkunjung ke kantor Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (PPSDM), guna berkoordinasi lebih detail, sebelum keluar SK alih kelola tersebut dari Pemda Karo,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Terkelin Brahmana dalam pertemuannya dengan Kemenkes mengatakan, Akbid Pemkab Karo satu-satunya akademi bidang kesehatan yang ada di Kabupaten Karo. Pascaterbitnya UU No 23/ 2014, keberadaan perguruan tinggi kesehatan milik Pemkab Karo itu tidak memiliki payung hukum yang jelas.

Bupati Terkelin Brahmana dalam kesempatan itu mengatakan, sengaja datang karena kebetulan ada undangan dari Kemenkes RI, sekaligus dapat berkordinasi untuk mencari titik terang dalam upaya alih kelola aset Akbid, bagaimana sebenarnya aturan pengelolaan Akbid Pemkab Karo tersebut ke depan.

"Ini sangat penting sebagai upaya mencegah adanya informasi simpang siur beredar, ini yang perlu diantisipasi, dengan tujuan masyrakat Karo tahu perkembangan sekolah Akbid tersebut. Sebab tidak tertutup kemungkinan orang tua Akbid Pemkab Karo yang ingin menyekolahkan anaknya, tidak bertanya-tanya lagi, karena sudah tahu kejelasan status PTkesda di Kabupaten Karo," ungkapnya.

Menyikapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Karo, Effendi Sinukaban mengusulkan PTkesda Karo untuk lahannya, jika diijinkan tidak diambilalih Kemenkes dalam pengelolaannya."Sedangkan untuk sekolah perguruan tingginya, siswa/i nya sesuai amanat undang-undang pengelolaannya adalah pusat, kami setuju, bahkan jika perlu, DPRD bersama Pemda Karo akan mencari lahan pengganti untuk Kemenkes, untuk tempat pendidikan Akbid seterusnya, jika aset PTkesda diberikan kepada pemda setempat,"katanya.

Setyadi Nugroho SH MH, Kabag Hukormas Sekretaris Badan PPSDM Kes memaparkan, pihaknya merespon usulan-usulan yang disampaikan Pemkab maupun DPRD Karo. Hanya saja semua pengambil alihan aset oleh Kemenkes terhadap seluruh PTkesda seluruh Indonesia adalah bukan kemauan Kemenkes semata. "Hal ini karena perintah undang-undang harus Kemenkes laksanakan," tegasnya.

Tampak hadir Wakil Ketua DPRD Karo Effendi Sinukaban, Firman Firdaus Sitepu SH, Jidin Ginting SH MH, Raja Mahesa Tarigan, M Rafi Ginting, Perdata Ginting, Edy Corona Barus, Kartini Perangin-angin Kasubag Akbid Pemkab Karo. (RTA)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 80%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Nov 2017 28°C 23°C
  • 22 Nov 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px