Log in

Menko Luhut Ajak Bupati Karo Ikut Program ZBNF

Menko Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan berbincang dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana di sela-sela kegiatan kunjungan kerja Presiden Jokowi di SMK Negeri 1 Balige, Sumut, Jumat (15/3). Menko Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan berbincang dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana di sela-sela kegiatan kunjungan kerja Presiden Jokowi di SMK Negeri 1 Balige, Sumut, Jumat (15/3).

Kabanjahe-andalas Zero Budget Natural Farming (ZBNF) adalah sebuah program yang menjauhkan petani dari penggunaan bahan kimia dalam kegiatan agrikultur. Mengadopsi pendekatan agroecology, ZBNF menghindarkan petani dari beban biaya tinggi akibat penggunaan bahan kimia sekaligus meningkatkan kesehatan petani dan lingkungan.

"Mengurangi penggunaan pupuk kimia untuk mengurangi biaya tinggi petani telah menjadi salah satu prioritas utama pemerintah Indonesia," kata Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana di sela-sela kegiatan kunjungan kerja Presiden Jokowi di SMK Negeri 1 Balige, Sumatera Utara, Jumat (15/3).

Lihut Pajaitan percaya program tersebut bisa membantu Indonesia mengurangi kemiskinan. "Kami ingin bergerak cepat. Indonesia dan India memiliki kesamaan nasib, yaitu subsidi pupuk kimia. Jika kita bisa survive lebih baik tanpa subsidi dan bahkan tanpa pupuk kimia. Salah satu daerah yang cocok mengikuti ZBNF adalah Kabupaten Karo," ujarnya.

Pemerintah Andhra Pradesh sendiri telah berhasil mengimplementasikan program ini sejak 2016 dengan melibatkan 40.000 petani. Jumlah ini berkembang menjadi 523.000 orang petani pada 2018. Dengan ZBNF, produksi padi di Andhra Pradesh dapat ditingkatkan sampai 15 persen, kacang tanah 26 persen, sedangkan kapas 10 persen.

Bupati Terkelin berterimakasih kepada Menko Bidang Kematitiman Luhut atas dukungan dan kepeduliannya memajukan pertanian Kabupaten Karo dengan diikutkan dalam pelatihan ZBNF. Pelatihan tersebut dijadwalkan pada 18-25 Maret 2019 di Andhra Pradesh India.

"Dengan terpilihya Kabupaten Karo sebagai perwakilan pelatihan ZBNF sudah tentu ke depan, pertanian di Kabupaten Karo akan semakin maju dan tentunya akan dijadikan wilayah pilot project ZBNF, ini adalah suatu kebanggaan, karena tidak semua daerah mendapat kesempatan berharga tersebut,” kata Terkelin.

Artinya pengetahuan tata cara menggunakan ZBNF nantinya dapat diandalkan petani Karo, seperti yang telah diimplementasikan Andhra Pradesh India sukses dengan program ZBNF  menghindarkan petani dari beban biaya tinggi akibat penggunaan bahan kimia, sekaligus meningkatkan kesehatan petani.

"Manfaat ZBNF ketika diterapkan di Karo akan dapat meningkatkan kualitas produk organik. Kedepan ini diimplementasikan ke para petani, apalagi daerah Karo saat ini semuanya hampir merata merasakan akibat terdampak erupsi Gunung Sinabung lahan pertanian kurang produktif," tuturnya.

Selain itu, ZBNF adalah program yang mengedukasi para petani untuk tidak menggunakan pupuk zat kimia, tapi mengedepankan cara-cara alami dengan cara mengadopsi pendekatan agroecology. "ZBNF menghindarkan petani dari beban biaya tinggi akibat penggunaan bahan kimia," imbuh Terkelin. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px