Log in

Mendesak, Pembangunan Huntara Pengungsi Sinabung


Kabanjahe, Sumatera Utara-andalas Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim), Luhut Binsar Panjaitan minta Kepala BNPB Willem Rampangilei berkoordinasi dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana, agar segera menuntaskan pembangunan hunian sementara (Huntara) pengungsi erupsi Gunung Sinabung.

Menteri Luhut Binsar Panjaitan minta Kepala BNPB agar berkoordinasi dengan Pemkab Karo terkait huntara yang lahannya seluas 29 hektar, telah diverifikasi dan disiapkan bagi pengungsi erupsi Sinabung.

Dalam rapat terbatas tersebut, kemarien, Luhut Binsar Panjaitan juga mengontak Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidupi Siti Nurbaya, agar membuat jadwal dengan Pemkab Karo mengadakan pertemuan, untuk membahas lahan yang berkaitan dengan tupoksi Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Asisten Pemerintahan Suang Karo-Karo dan Kepala BPBD Karo, Martin Sitepu berharap BNPB maupun Kementerian PU Pera mempercepat pembangunan Huntara, sehingga pengungsi secepatnya bisa direlokasi.

“Percepatan pembangunan hunian sementara sangat diharapkan warga pengungsi Sinabung, khususnya mereka yang berada di Posko Terong Peren maupun di tempat-tempat lainnya,”kata Bupati Terkelin Berahmana.

Selain itu, Pemkab Karo telah menyiapkan lahan di empat titik, yakni Ndokum Siroga ada empat pemilik dengan luas masing-masing luas sebagai berikut. 1. 7941 M2 , 2. 6442 M2 3. 3937 M2 4. 9696 M2 di Desa Jandi Meriah 1390 M2 dan Desa Sukandebi 7477 M2 /.

Huntara akan dibangun pihak Kementerian PU Pera RI, jangka waktu lahan yang kita persiapkan adalah selama lima tahun, sesuai hasil dari analisa ahli bahwa diprediksi Sinabung erupsi selama lima tahun.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BNPB Willem Rampangilei mengaku, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Pemkab Karo, terkait dengan percepatan pelaksanaan pembangunan Huntara. (RTA)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 80%

Wind: 11.27 km/h

  • 20 Sep 2018 30°C 22°C
  • 21 Sep 2018 30°C 23°C

Banner 468 x 60 px