Log in

Meluapnya Sungai Penyebab Utama Terjadinya Banjir

TINJAU - Wabup Zainuddin Mars bersama Kaban PMD Citra Effendi Capah saat meninjau rumah warga terendam banjir di Desa Bangunsari Tanjung Morawa. TINJAU - Wabup Zainuddin Mars bersama Kaban PMD Citra Effendi Capah saat meninjau rumah warga terendam banjir di Desa Bangunsari Tanjung Morawa.

Deli Serdang,Sumatera Utara-andalas Wakil Bupati Deli Serdang H Zainuddin Mars bersama Asisten I Setdakab Dedy Maswardi SSos, Kadis PU Ir Donald PL Tobing, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Deli Serdang Drs Zainal Abidin Hutagalung MAP, serta Kaban PMD Citra Effendi Capah, meninjau lokasi banjir yang melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Deli Serdang, kemarin.

Kunjungan Wabup H Zainuddin Mars bersama rombongan diawali di Desa Bangun Sari Baru Kecamatan Tanjung Morawa yang merupakan daerah terparah terkena banjir hampir 1 meter hingga 150 Kepala Keluarga terpaksa mengungsi ke rumah warga lainnya.

Pak Zai sapaan akrap wabup di sela peninjauan tersebut mengatakan, kehadirannya untuk melihat dari dekat lokasi sekaligus mengetahui kondisi warga terkena banjir sebagai bentuk perhatian dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Deli Serdang.

Menurut wabup, banjir yang terjadi ini selain disebabkan tingginya curah hujan beberapa hari terklhir ini juga karena meluapnya salah satu aliran sungai hingga tidak mampu menampung debit air dan melimpah hingga menggenangi rumah warga.

Pemkab Deli Serdang melalui Dinas PU telah melakukan upaya normalisasi dengan cara melakukan pengerukan sampai ke dasar sungai agar lebih dalam. Namun, apa yang dilakukan tidak sebanding dengan tingginya curah hujan beberapa hari terakhir.

“Kewenangan lebih jauh untuk menangani masalah ini ada pada Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) Sumatera Utara. Kita akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan mereka untuk menangani permasalahan ini,"kata Zai.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Deli Serdang Zainal Abidin Hutagalung menambahkan, beberapa kecamatan di Kabupaten Deli Serdang yang dilanda banjir ini antara lain Kecamatan Tanjung Morawa, Percut Seituan, Batangkuis, Pagar Merbau. Namun dari jumlah itu Kecamatan Tanjung Morawa merupakan daerah terparah.

Untuk mengantisipasi masalah ini Pemkab Deli Serdang telah melakukan langkah-langkah persuasif terhadap hal ini seperti membuat posko kesehatan bersama tenaga medis, mendirikan dapur umum yang menyediakan makanan, air bersih bagi masyarakat yang terkena musibah dan sampai mengungsi khusunya di Kecamatan Tanjung Morawa.

Usai mengunjungi Desa Bangun Sari Baru, Wabup H Zainuddin Mars bersama rombongan juga melakukan hal yang sama di Dusun X Perumahan Cendana Asri Desa Sena Kecamatan Batangkuis.(TH)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 11 Dec 2017 28°C 23°C
  • 12 Dec 2017 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px