Log in

Masyarakat Harus Kompak Lakukan Terobosan Inovatif

ARAHAN - Ketua TP PKK Kabupaten Karo, Ny Sariaty Terkelin Brahmana didampingi Bupati Terkelin Brahmana saat memberikan pengarahan dan motivasi bagi warga Desa Sempajaya. ARAHAN - Ketua TP PKK Kabupaten Karo, Ny Sariaty Terkelin Brahmana didampingi Bupati Terkelin Brahmana saat memberikan pengarahan dan motivasi bagi warga Desa Sempajaya.

UP2K Desa Sempajaya, Berastagi Dinominasikan Lomba Tingkat Sumut

Berastagi,Sumatera Utara-andalas Peran PKK Kabupaten Karo yang dinakhodai Ny Sariati Sitompul Terkelin Brahmana kembali dinilai. Berbagai inovasi, kreativitas dan program-program bernas dari kegiatan yang dilaksanakan PKK Kabupaten Karo dalam membantu upaya  peningkatan kesejahteraan masyarakat kembali berbuah manis.

Sebelumnya juga desa Gung Pinto Kecamatan Naman Teran mampu bersaing di tingkat nasional. Terbukti pada Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-45 Tahun 2017 dilaksanakan di Hotel Mercure Ancol Jakarta, terpilih sebagai pemenang juara II harapan dalam lomba UP2K se-Indonesia.

Kali ini, Desa Sempajaya Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo merupakan salah satu desa percontohan kategori Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang akan dilombakan masuk nominasi ke jenjang tingkat Provinsi Sumatera Utara. Hal ini diungkapkan Ketua TP PKK Kabupaten Karo, Ny Sariati Sitompul Terkelin Brahmana saat berada di Kantor UP2K, kemarin, di Sempajaya (Desa Peceren) Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo.

“Kita sudah on the right track dan penghargaan sebelumnya sudah diraih baik di tingkat Sumut maupun nasional bukan menjadi tujuan akhir, melainkan sebagai pelecut semangat seluruh kader PKK untuk terus berinovasi, berkarya dan berkreasi membangun masyarakat Kabupaten Karo yang semakin sejahtera,"kata Ny Sariati Terkelin Brahmana.

Desa Sempajaya Kecamatan Berastagi merupakan salah satu desa percontohan kategori UP2K yang akan dilombakan ke jenjang tingkat provinsi."Karena itu, perlu dilakukan pembinaan agar memenuhi kriteria-kriteria dan indikator penilaian agar memenuhi syarat untuk menjadi juara nantinya di tingkat provinsi,”ujarnya.

Disebutkan, perkembangan program UP2K di Desa Desa Sempajaya sangat menggembirakan.“Kunjungan ini merupakan penilaian awal. Mudah-mudahan desa Sempajaya yang terkenal dengan makanan wajik dan pecal Peceren, akan dinominasikan masuk loma ke tingkat provinsi,”tuturnya.

Sariati optimis, seperti Desa Gung Pinto Kecamatan Naman, pada 2016 mampu meraih juara 1 tingkat Provinsi Sumatera Utara sehingga dilombakan ke tingkat nasional dan berhasil mendapatkan juara harapan II tingkat nasional."Desa Sempajaya diharapkan ke depan dapat mengikuti jejak Desa Gung Pinto, yang telah berprestasi baik tingkat provinsi dan nasional,”katanya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina UP2K, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengharapkan Program UP2K dapat menjadi salah satu program andalan membina dan mengembangkan kegiatan usaha keluarga dan sekaligus dapat meningkatkan daya beli masyarakat."Sekaligus tujuan saya hadir di tengah ibu-ibu UP2K, ingin memberikan motivasi agar semua masyarakat desa kompak dan bersatu serta membuat terobosan inovatif,"katanya.

Untuk mendapatkan gelar juara harus melalui usaha gigih, kerja sama yang baik, komunikasi yang baik dan bekerja dengan ikhlas, cerdas dan berkualitas, tidak ngasal. “Saya sering mengingatkan dan tidak pernah bosan, tingkatkan silaturahmi ada persatuan, ada persatuan ada kekuatan, ada kekuatan maka tujuan akan berhasil, bagaimana bisa menang jika kekuatan tidak ada, bagaimana bisa kuat jika tidak bersatu. Nah, ini harus diterapkan para ibu-ibu UP2K,”kata Bupati Karo selaku Dewan Pembina PKK di hadapan peserta 100 orang. (RTA)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

22°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 25 Jun 2018 28°C 22°C
  • 26 Jun 2018 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px