Log in

Masalah Selesai, PDAM Tirta Wampu Sudah Bisa Meraih Laba


Stabat,Sumatera Utara- andalas Aksi unjuk rasa telah selesai. Sekarang para pegawai PDAM Tirta Wampu sudah kembali bekerja seperti biasa. Sekdakab Langkat, dr H Indra Salahuddin MKes MM mengaku sangat menyesalkan aksi unjuk rasa tersebut. Karena itu, dia pun berharap agar peristiwa seperti itu tidak lagi terjadi di kemudian hari.

“Kita tentu berharap agar peristiwa seperti ini tidak lagi terjadi di kemudian hari.  Tidak perlu pakai aksi unjuk rasa seperti itu. Semua persoalan harus dicari penyebab dan akar masalahnya.  Setelah itu diselesaikan dengan managemen yang arif dan bijaksana,” ujarnya saat dikonfirmasi, beberapa waktu lalu.

Hal senada disampaikan Direktur PDAM Tirta Wampu, Puncana.  Katanya, semua sudah selesai. Jadi, semua pegawai sudah kembali bekerja untuk memajukan perusahaan. “Mengenai pemindahan pegawai, itu jelas kewenangan Direktur dan harus disesuaikan dengan kebutuhan yang ada,” ujarnya.

Sedangkan mengenai uang gaji yang ditahan, itu memang sengaja dilakukan.  Intinya, agar mereka lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam bekerja. Janganlah mereka yang mengatur, biarlah direktur yang mengatur. Aturannya kan memang seperti itu. Lalu, mengenai uang gaji yang ditahan, itu memang sengaja saya lakukan.  Intinya, agar mereka lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam bekerja."Jadi, beberapa orang pegawai yang tidak memenuhi target saya panggil. Maksudnya supaya dinasehati dan diberi motivasi,” ujarnya.

Namun, dia menamabahkan, ketika dipanggil ternyata mereka tidak mau datang.  Padahal, kalau mereka datang dan setelah diberi motivasi, Puncana pun memastikan uang gajinya pasti segera dibayarkan, gak perlu ditahan lagi.

Lebih jauh mengenai jumlah pegawai yang katanya semakin membengkak, Puncana pun  membantahnya, sebab semua memang ada aturannya, tidak boleh jumlah pegawai melebihi kuota yang telah ditetapkan.

“ Tidak boleh sesuka hati mengangkat pegawai, semua kan ada aturannya,” ujarnya. Bahkan, dengan bangga Puncana mengatakan, sesuai dengan hasil pemeriksaan (audit) Akuntan Publik, PDAM Tirta Wampu sudah mampu meraih untung.

”Nah, itu kan jelas kemajuan. Jadi, saya ajak dan himbau para pegawai untuk kembali bekerja seperti biasa agar PDAM Tirta Wampu ini bisa lebih berkembang dan maju,” ujarnya lagi seraya menunjuk hasil pemeriksaan (audit) dari Kantor Akuntan Publik Mahlizar (Public Accountans Firm) 2017 lalu.

Hasil audit itu menyebutkan bahwa dari hasil pemeriksaan laba- rugi PDAM Tirta Wampu 2017 lalu, tercatat Pendapatan Usaha PDAM Tirta Wampu adalah sebesar Rp17,043,262,026,- sedangkan beban usaha mencapai Rp16,583,726,794,-sehingga diraih laba atau keuntungan sebesar Rp506,777,884,- sebab walaupun ada beban lain- lain sebesar Rp2,315,076,- ada juga pendapatan lain- lain sebesar Rp49,557,728,-

Biaya Pemasangan Baru

Sebagai langkah maju, Puncana pun menambahkan bahwa untuk biaya pemasangan baru, untuk saat ini lebih ditertibkan lagi.  Hal itu sesuai dengan SK Direktur PDAM Tirta Wampu Nomor : 694-12/SK/PDAM/2018 tertanggal 5 Februari 2018 tentang Biaya Pemasangan Baru Air Minum PDAM Tirta Wampu.

“Jadi, biar lebih tertib, tidak ada lagi istilah bayar di tempat, karena semua dilakukan dengan sistem GPS. Semua biaya sudah diatur dalam RAB.  Jadi, biar masyarakat tahu, biaya survei pun Rp0 alias tidak dipungut biaya,” ujarnya.

Lalu, mengenai pembayaran rekening, para pelanggan bisa membayar rekening ke loket- loket pembayaran yang sudah ditetapkan atau bisa langsung membayar ke kantor Direksi PDAM Tirta Wampu di Stabat.

Bahkan, untuk mempermudah masyarakat dan para pelanggan, para petugas pun sudah dikerahkan untuk mengutip dari rumah ke rumah.  Jadi, tidak lagi hanya ‘menunggu bola’ tapi sudah mulai menjemput bola.

“Hasilnya sudah semakin baik. Pendapatan perusahaan pun sudah jauh meningkat. Itulah memang yang saya harapkan.  Karena itu, semua petugas  diberi target yang harus dipenuhi pada setiap bulannya,” ujar Puncana lagi sambil tersenyum . (BD)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px