Log in

Marwan Sinarta Purba: Wakil Rakyat Harusnya Usulkan Lockdown

Marwan Sinarta Purba Marwan Sinarta Purba

Langkat-andalas Akibat maraknya penyebaran virus corona atau Covid-19 di sejumlah daerah di Indonesia, tingkat ketakutan dirasakan masyarakat saat ini sudah sangat tinggi. Apalagi pemberitaan terkait korban Covid-19 setiap detik beredar di media sosial yang akhirnya membuat rasa cemas dan ketakutan.

"Dengan kondisi saat ini, wakil rakyat mulai dari tingkat DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi dan DPR RI harusnya sudah mengusulkan kepada pemerintah Indonesia untuk melakukan lockdown guna mencegah penyebaran virus corona," kata Marwan Sinarta Purba kepada wartawan di Stabat, Senin (30/3).

Menurut mantan anggota DPRD Langkat ini, himbauan yang disampaikan pemerintah kepada masyarakat agar tidak ke luar rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19, kurang efektif. Sebeb, masih banyak masyarakat Indonesia yang hidubnya pas-pasan dan terpaksa harus ke luar rumah untuk mencari nafkah demi kelangsungan hidup keluarganya.

"Masyarakat tampaknya tidak mengindahkan himbauan pemerintah untuk berdiam diri di rumah. Itu mereka lakukan semata-mata demi kelangsungan hidup keluarga mereka, membela dan memperjuangkan perut sejengkal," ujar tokoh masyarakat Langkat Hulu itu.

"Di saat seperti ini dibutuhkan peran wakil rakyat, para wakil rakyat itu harusnya dapat mengajukan kepada pemerintah agar rakyat Indonesia yang taraf hidubnya berada di bawah kelas menengah atau yang tidak memiliki penghasilan bulanan, wajib diberikan bantuan untuk biaya makan atau diberi bantuan bahan pokok selama masa lockdown," lanjut Marwan.

Masih menurut Marwan Purba, biaya untuk kebutuhan masyarakat yang tidak punya penghasilan tetap tersebut dapat diambil dari APBD kabupaten/kota ditambah APBD provinsi dan APBN serta dari Dana Desa setiap desa dan Dana Kelurahan setiap kelurahan.

Marwan mencontohkan, seluruh pemerintah kabupaten/kota, provinsi, dan pusat serta pemerintan desa, bisa meniadakan pembanguan infrastruktur dan kunjungan kerja anggota dewan dan ASN ke luar kota. Kemudian anggan pembangunan fisik dan anggaran kunjungan kerja itu dilakukan saja bagi masyarakat kelas menengah ke bawah yang terdampak siaga darurat Covid-19.

"Dengan begitu saya yakin Indonesia bisa terbebas dari bencana wabah virus corona yang sudah sampai pada tingkat menakutkan hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia," kata Marwan.

"Lebih baik kita menikmati jalan yang berlobang untuk sementara waktu, ketimbang masalah virus corona ini terus saja berlarut tanpa ada kepastian kapan berakhirnya. Sementara dalam waktu dekat umat muslim akan melaksanakan ibadah Ramadhan," ujar kader Partai Demokrat itu. (DN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C