Log in

Libur Sekolah di Dairi Diperpanjang

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu

Perantau Diminta Tidak Pulang

Sidikalang-andalas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi memutuskan untuk memperpanjang masa libur sekolah. Sebelumnya, kebijakan itu diberlakukan terhitung sejak 18 Maret 2020 hingga 31 Maret 2020, namun melalui Surat Edaran Bupati Dairi Nomor 420/1458, kebijakan bagi siswa untuk belajar di rumah diperpanjang hingga 14 April 2020.

Dalam surat edaran tersebut, Bupati Dairi DR Eddy Berutu juga menyatakan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMP dan ujian semester kenaikan kelas dalam bentuk tes yang mengumpulkan siswa juga ditiadakan.

Kebijakan itu dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir resiko penyebaran virus corona atau Covid-19 dengan mempertimbangan situasi Kabupaten Dairi setelah satu orang warga positif vitus corona. Serta menidaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 4 Tahun 2020 tanggal 24 Maret 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Selama diliburkan, Bupati mengharapkan peran orang tua siswa untuk mengawasi dan mendampingi jam belajar siswa di rumah dan memastikan anak didik tidak melakukan kegiatan di luar rumah.

Operasional Pasar Dibatasi

Untuk megantisipasi penyebaran Covid-19, Pemkab Dairi juga melakukan pembatasan jam operasional pasar tradisional. Langkah itu dimulai, Sabtu (28/3) di Pusat Pasar Sidikalang. Tim gabungan dari Kodim 0206 Dairi, Polres Dairi, Satpol PP dan PD Pasar dikerahkan untuk melakukan sosialisasi dan mengumumkan aktivitas jual-beli dibatasi hingga Pukul 14.00 WIB.

Selain itu, pedagang dan pembeli dihimbau agar menjaga jarak dengan yang lain, mencuci tangan dengan sabun.Pedagang maupun pembeli termasuk  pengelola pasar yang menderita flu dilarang memasuki areal pasar.

Bupati Dairi Eddy Berutu juga meminta perantau asal Kabupaten Dairi khususnya di Jabotabek atau Pulau Jawa dan luar negeri, untuk sementara tidak pulang kampung.

“Saya menghimbau para perantau, khususnya di Pulau Jawa dan luar negeri agar menurungkan niat pulang ke Dairi. Langkah ini merupakan bukti bahwa anda sayang terhadap kampung halaman dan saudara-saudara di kampung," imbau Bupati.

Untuk yang terlanjur pulang dan sudah berada di wilayah Kabupaten Dairi, diminta untuk mengisolasi diri selama 14 hari sebelum berinteraksi dengan orang sekitarnya.

Camat, kepala desa hingga kepala dusun bersama warga diminta aktif melakukan pengawasan dan memeriksa lingkungannya terhadap kehadiran warga atau tamu dari luar kota.

Langkah tersebut bisa berdampak memunculkan ketidaknyamanan, namun dilakukan untuk kepentingan masyarakat yang lebih besar dan memutus matai rantai penyebaran Covid-19.

"Peran serta masyarakat sangat diharapkan untuk mensosialisasikan dan mengedukasi sesama tentang pentingnya melaksanakan standar yang diterapkan pemerintah, seperti perilaku hidup bersih dan sehat, bekerja, belajar dan beribadah di rumah, pembatasan sosial (social distancing) serta jaga jarak fisik (physical distancing)," ujar Bupati. (GOL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C