Log in

Lembaga Pendidikan Saatnya Terapkan Sistem Online


Rantau Prapat,Sumatera Utara-andalas Gubsu Dr Ir HT Erry Nuradi MSi mengatakan sudah saatnya lembaga pendidikan menerapkan sistem online mulai dari ujian masuk sekolah hingga ujian nasional.

Sebab menurut Gubsu dengan penerapan sistem online selain lebih praktis, dan hemat anggaran, juga dapat mencegah kolusi korupsi dan nepotisme (KKN) yang berpotensi korupsi.

Hal itu disampaikan Gubsu saat acara penyerahan surat keputusan (SK) Kenaikan Pangkat Guru SMA/SMK, Kamis (12/10) di SMAN 1 Rantau Prapat, Kabupaten Labuhan Batu.

Hadir pada acara tersebut Bupati Labuhan Batu Pangonal Harahap, Kadis Pendidikan Sumut Arsyad Lubis, Ketua TP PKK Sumut Evi Diana Erry Nuradi, serta sejumlah pimpinan SKPD Provsu dan SKPD kabupaten.

"Dengan menggunakan sistem online tidak hanya menghemat anggaran, seperti kertas, juga menghindari kebocoran soal, serta menjawab soal isu tentang titipan siswa," paparnya.

Untuk UNBK sendiri Gubsu mengakui sebelum SMA/SMK di bawah naungan Provinsi Sumut sudah 90 sekolah (2016) dan tahun 2017 jumlah sekolah sudah 1.500 sekolah menggunakan sistem online (UNBK).

Begitu juga dengan sistem peneriman siswa baru, hingga tak ada lagi yang namanya siswa titipan masuk ke sekolah-sekolah favorit. "Tak ada lagi siswa yang dititip oleh oknum-oknum dengan kualitas siswa tak maksimal," ujarnya.

Pada kesempatan itu juga Gubsu menjelaskan bahwa untuk pengurusan kenaikan pangkat, para ASN termasuk guru tidak perlu lagi datang ke instansi terkait seperti BKD. Tapi cukup menggunakan sistem online yang sudah diterapkan di masing-masing BKD setempat. (WAN)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 85%

Wind: 11.27 km/h

  • 11 Dec 2017 28°C 23°C
  • 12 Dec 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px