Log in

Kunker ke Samosir, Gubsu Ajak Warga Lupakan Pilgubsu 2018

GUBSU Edy Rahmayadi bersama istri foto bersama Bupati Samosir Rapidin Simnolon dan Wabup Juang Sinaga setelah mengenakan pakaian adat Batak Toba saat kunker di Kabupaten Samosir. GUBSU Edy Rahmayadi bersama istri foto bersama Bupati Samosir Rapidin Simnolon dan Wabup Juang Sinaga setelah mengenakan pakaian adat Batak Toba saat kunker di Kabupaten Samosir.

Samosir-andalas Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Samosir, Kamis (13/7). Gubsu dan rombongan disambut langsung oleh Bupati Samosir Rapidin Simbolon di Kantor Bupati setempat.

Dalam kunjungam kerja tersebut, Gubsu Edy Rahmyadi bersama istri, Nawal Lubis dibulang-bulangi seperangkat pakaian adat Batak Toba oleh tokoh masyarakat setempat. Gubsu mengucapkan terima kasih atas pemberian pakaian tersebut.

Dalam kesempatan itu, Edy Rahmyadi sedikit mengungkap jumlah suara yang dia peroleh di Kabupaten Samosir pada Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018 lalu yang hanya 7 persen. "Walaupun pada Pilgubsu 2018 suara saya hanya 7 persen di Samosir, itu karena saya Muslim tidak dipilih namun karena Tuhan berkehendak saya tetap terpilih menjadi Gubernur," ungkap Edy.

"Tetapi itu harus kita lupakan. Saya datang ke Kabupaten Samosir dan disambut dengan baik. Kepada kita semua mari bertobat, lupakan Pilgubsu 2018, mari bekerja dengan tulus untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat," ujar Edy.

Sementara itu, Obin Naibaho, salah satu tokoh masyarakat yang turut menyambut kunker Gubsu, mengatakan, "Seperangkat pakaian adat Batak Toba ini kami mohon bapak dan ibu jangan ditengok nilainya, tapi ketulusan hati masyarakat Samsoir yang menyerahkan kepada bapak."

Dalam kesempatan itu, ada puluhan tokoh adat yang membawa seperangkat pakaian adat Batak Toba untuk dikenakan Gubsu bersama istri. Mula-mula adalah kain ulos buatan masyarakat Samosir, lalu kain yang dikenakan di kepala dan tongkat.

Bupati Samosir Rapidin didampingi Wabil Bupati Samosir Juang Sinaga dan turut hadir Kapolres Samosir AKBP Agus Darojat, memaparkan proses pembangunan nasional yang sedang berlangsung di Samosir, yakni jalan Tele-Pangururan-Onan Runggu, jalan Simpang Empat Pangururan-Simanindo-Onan Runggu yang akan tuntas tahun 2019 ini.

Selanjutnya Bupati menerangkan pembangunan terusan Tano Ponggol, Pangururan, dan pembangunan jembatan Tano Ponggol dan pengadaan kapal Feri jenis Roro sehingga antrean panjang kendaraan bermotor untuk menyeberang dari dan ke Pulau Samosir tidak terlalu lama.

Bupati juga menerangkan pembangunan jalan lingkar Samosir ruas Harian-Sitio Tio berbatasan dengan Kabupaten Humbang Hasundutan. Diterangkan Rapidin juga, Kabupaten Samosir rawan bencana, di mana pada tahun lalu ada banjir bandang di Bonan Dolok, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Kecamatan Sitio-tio, Kecamatan Nainggolan dan Kecamatan Simanindo.

"Kami berharap agar Gubernur Sumatra Utara sebagai pemimpin provinsi membawahi Kabupaten Samosir dapat memberikan perhatiannya dengan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan," imbuh Rapidin.

Pemkab Samosir sangat mengapresiasi kunjungan Gubernur, semoga menjadi berkah dan kita seluruhnya diberikan kesehatan dan rezeki," lanjut Rapidin.

Sebelumnya, Gubsu Edy Rahmayadi didampingi Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis mengunjungi SMAN 1 Pangururan. Dalam kunjungan itu, Gubsu didampingi Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga dan Kepala SMAN 1 Bilpon Simbolon.

Gubsu bertegur sapa dengan para siswa dan guru, serta memeriksa fasilitas dan kondisi sarana prasarana sekolah. "Masa depan generasi kita ini ada di tangan kalian, pintar itu penting tapi lebih penting lagi budi pekerti. Kalian ajarkan dan utamakan itu, generasi Sumut harus miliki akhlak yang baik, bermoral," ujar Gubernur di hadapan para guru.

Edy memberikan motivasi kepada guru. Katanya, guru merupakan pekerjaan yang sangat mulia dan memiliki amanah serta tanggung jawab yang berat. "Kalian adalah pahlawan tanpa tanda jasa, tugas mulia yang kalian emban. Penting sekali, jangan pernah merasa rendah diri. Untuk itu, semangat lah kalian mendidik generasi penerus kita ini," tuturnya.

Kepada kepala sekolah, Edy berpesan agar meningkatkan pelayanan dan fasilitas yang mendukung kenyamanan guru untuk mengajar, khususnya di ruang guru.

Kepala Sekolah SMAN 1 Pangururan Bilpon Simbolon kemudian menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur dan rombongan yang telah berkunjung.

"Suatu kerhormatan bagi kami, sekolah kami dikunjungi Bapak Gubernur. Mudah-mudahan kami akan laksanakan itu arahan-arahan yang disampaikan Pak Gubernur, dan mudah-mudahan dari sekolah ini seperti yang diharapkan Pak Gubernur, lahir generasi-generasi Sumut yang terdidik dan miliki budi pekerti," ucapnya. (HN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px