Log in

KPU Palas Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu 2019

SOSIALISASI - KPU Kabupaten Palas saat menggelar sosialisasi SOSIALISASI - KPU Kabupaten Palas saat menggelar sosialisasi

Sibuhuan,Sumatera Utara-andalas Menjelang dilaksanakannya tahapan Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas melaksanakan kegiatan sosialisasi penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019 di Hotel Barumun Sibuhuan, Selasa (5/12). KPU Palas mengundang pengurus partai politik, tokoh masyarakat, adat, alim ulama, ormas dan stakeholder.

Ketua KPU Syarifuddin Daulay dalam sambutannya menjelaskan, untuk menyukseskan pemilihan umum 2019 diperlukan pemahaman yang sama tentang aturan baru. Diharapkan, terjalin koordinasi yang baik antara penyelenggara, peserta pemilu, pemerintah daerah. Selain itu, partai yang diundang dalam acara ini adalah mendasar dari data Kesbangpol Kabupaten Palas.

Sementara, Komisioner KPU Palas Divisi SDM dan Parmas mengatakan, kegiatan ini terbagi dalam 2 sesi. Materi pertama disampaikan narasumber Ketua Partai DPC PPP Palas Erwin Pane,  terkait dengan materi UU Nomor 7 tentang Pemilihan Umum.

Erwin menjelaskan, perbedaan antara Undang Undang lama dengan yang baru, serta menjelaskan hal-hal baru terkait UU No 7/ 2017. Selain itu dia menghimbau kepada seluruh penyelenggara dan peserta Pemilu harus menjalin koordinasi yang baik.

Dalam sesi pertama yang diikuti 25 peserta dari unsur parpol, tokoh masyarakat, adat, alim ulama serta stakeholder unsur pemerintahaan serta Panwaslih Palas, ada beberapa peserta mengajukan pertanyaan menanyakan tentang pandangan persepsi parpol terhadap UU Nomor 7/2017.

Selanjutnya dalam sesi kedua kegiatan sosialisasi ini disampaikan narasumber Atas Siregar, mantan Ketua KPU Palas terkait tentang pandangan publik terhadap regulasi Pemilu.Diikuti 25 orang terdiri dari OKP, organisasi kepemudaan, ormas serta organisasi kemahasiswaan.

Sebagai narasumber, Atas Siregar menyampaikan, materi PKPU No 7 tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019. Menginformasikan tugas-tugas partai politik dalam kegiatan pendaftaran di KPU kabupaten.

Dia berharap, parpol selalu berkomunikasi dengan KPU apabila ada hal-hal yang secara teknis belum dipahami dalam proses pendaftaran. Selain itu, perlu juga dipahami regulasi pandangan publik terhadap Pemilu, sehingga menghasilkan kontribusi partisipasi pemilih dalam membangun demokrasi bermartabat, jurdil serta kondusif.(ISN)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 11 Dec 2017 28°C 23°C
  • 12 Dec 2017 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px