Logo
Print this page

KPU Binjai Wawancarai 93 Calon Relawan Demokrasi

WAWANCARA - Komisioner KPU melakukan tes wawancara kepada calon Relawan Demokrasi Pemilu 2019 di kantor KPU Binjai, Jalan Gatot Suberoto Binjai Barat WAWANCARA - Komisioner KPU melakukan tes wawancara kepada calon Relawan Demokrasi Pemilu 2019 di kantor KPU Binjai, Jalan Gatot Suberoto Binjai Barat

Binjai,Sumatera Utara-andalas 93 calon Relawan Demokrasi Pemilu 2019 dinyatakan KPU Kota Binjai lulus seleksi administrasi. Mereka yang dinyatakan lulus seleksi administrasi sudah menjalani wawancara yang dilakukan para komisioner di Kantor KPU Binjai, Jalan Jenderal Gatot Subroto Nomor 10 B, Kelurahan Limaumungkur, Binjai Barat, Rabu (16/1).

Pantauan wartawan, para calon Relawan Demokrasi Pemilu 2019 sudah memadati Kantor KPU Binjai sejak pagi hingga petang ini. “Pengumumannya besok (hari ini-red). Nanti para calon Relawan Demokrasi ini pengumumannya diumumkan oleh KPU Binjai melalui website atau media sosial facebook KPU Binjai,” jelas Ketua KPU Binjai, Zulfan Efendi, Rabu (16/1).

Menurut Zulfan, tidak seluruhnya nanti dinyatakan lulus tahapan wawancara. Sebab, tahapan wawancara yang dilakukan KPU Binjai untuk melakukan penjaringan.  “Nanti yang diambil ada 55 orang dari 11 basis yang ada,” tandansya.

Sebelumnya, penjaringan calon Relawan Demokrasi Pemilu 2019 ini dilakukan KPU Binjai demi meningkatkan target partisipasi pemilih 77,5 persen. Program ini harapannya untuk menumbuhkan kembali kesadaran positif terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Program Relawan Demokrasi ini untuk membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu serta meningkatkan partisipasi pemilih,” ujar Koordinator Divisi Parmas dan SDM KPU Binjai, Robby Effendi.

Masa kerja Relawan Demokrasi ini selama 3 bulan. Syarat utama yang ingin mendaftar sebagai anggota Relawan Demokrasi wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk Binjai. Mereka yang bekerja selama 3 bulan? akan diberi honor. Fokusnya ke 11 basis pemilih di masyarakat. Seperti basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, perempuan, penyandang disabilitas, berkebutuhan khusus, pemilih marginal, basis komunitas, basis keagamaan dan basis warga internet.

Untuk persyaratan relawan demokrasi, di antaranya WNI, berusia minimal 17 tahun, pendidikan minimal SLTA/sederajat, berdomisili di Binjai, terdaftar sebagai pemilih dan lebih baik punya pengalaman penyuluh/berorganisasi. Kemudian diutamakan yang pernah ikut kursus Pemilu atau program sosialisasi KPU Binjai lainnya dan tidak menjadi anggota partai politik.  Selain itu, para Relawan Demokrasi mampu membuat konten desain, slogan, meme dan punya akun serta aktif di media sosial. (DED)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com