Logo
Print this page

Kegiatan Taptu di Tobasa Bangkitkan Semangat Kebangsaan

OBOR - Peserta dengan semangat mengikuti pawai obor dari halaman kantor Bupati Tobasa menuju Lapangan Sisingamangaraja XII Balige OBOR - Peserta dengan semangat mengikuti pawai obor dari halaman kantor Bupati Tobasa menuju Lapangan Sisingamangaraja XII Balige

Tobasa,Sumatera Utara-andalas Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) memiliki sejumlah tradisi yang rutin diselenggarakan guna menanamkan nilai-nilai kepahlawan kepada masyarakat Tobasa. Selain upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan karnaval (pawai), Taptu (Pawai Obor), juga rutin dilaksanakan di Tobasa setiap 16 Agustus pada pukul 18.00 WIB.

Kegiatan ini diikuti ratusan peserta dari berbagai unsur, seperti TNI, Polri, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Satuan Polisi Pamong Praja, serta mahasiswa dan pelajar SD/SMP/SMA/SMK. Keunikan dari kegiatan ini seluruh peserta membawa obor yang menyala. Kali ini kegiatan Taptu diawali upacara pelepasan peserta pawai dipimpin Kapolres Tobasa AKBP Elvianus Laoli SIK.

Pelepasan dikuti Bupati Ir Darwin Siagian, Wakil Bupati Ir Hulman Sitorus MM, Ketua TP PKK Ritawaty Darwin Siagian dan Ny Hulman Sitorus, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Tobasa. Pelepasan peserta Taptu ditandai penyalaan lilin perwakilan TNI/POLRI dan Satuan Pol-PP oleh Kapolres, dilanjutkan penyalaan lilin seluruh peserta Taptu.

Suasana malam di sepanjang jalan yang dilintasi peserta pawai obor pun terlihat menjadi dramatis. Gelapnya malam diwarnai api obor yang menyala serta nyanyian lagu-lagu perjuangan dikumandangkan para peserta membuat keadaan semakin syahdu. Hal ini sangat sesuai dengan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut, yaitu untuk membangkitkan kembali semangat perjuangan masyarakat. Selain itu kegiatan  Renungan Suci dan Ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) juga demikian. Acara ini dilangsungkan pada pergantian hari pada 17 Agustus pukul 00.00 WIB.

Renungan Suci dan Ziarah Makam ini dilaksanakan untuk mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur demi merebut kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari tangan penjajah. Melalui kegiatan ini, generasi penerus diharapkan dapat meneladani sikap, semangat dan pengorbanan para pahlawan. Sehingga pengorbanan para pahlawan tidak sia-sia, melainkan akan terus diingat, dan dilanjutkan generasi penerus bangsa berikutnya. (edu)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com