Logo
Print this page

Kapolres L Batu Apresiasi Kegigihan Personel Beternak Lalat

 Kapolres Labuhan Batu AKBP Agus Darojat SIK saat meninjau ternak lalat Solihin. Kapolres Labuhan Batu AKBP Agus Darojat SIK saat meninjau ternak lalat Solihin.


Rantau Prapat-andalas Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat SIK MH mengpresiasi Aiptu H Solihin yang telah berhasil membudidayakan ternak lalat BSF (Black Soldier Fly) sebagai hasil tambahan di saat anjloknya perekonomian akibat wabah virus corona (covid-19), Kamis (28/05/2020).

Bersama Wakapolres Kompol Muhd Taufik, Kabag Ops Kompol Marluddin, Kabag Sumda Kompol H Matondang, Kasat Binmas AKP Khairul saleh, dan sejumlah personel, Kapolres meninjau ke lokasi tempat Aiptu Solihin beternak lalat BSF dan maggot.

Lalat BSF (Black Soldier Fly) merupakan jenis lalat besar berwarna hitam yang terlihat seperti tawon. Maggot BSF adalah bentuk dari siklus pertama (larva) Black Soldier Fly yang nantinya bermetamorfosa menjadi lalat dewasa.

Fase metamorfosa maggot BSF dimulai dari telur, larva, prepupa, pupa, dan lalat dewasa semuanya memakan waktu 40 sampai 45 hari saja. Tidak seperti lalat yang biasa kita temui, jenis lalat yang bernama latin Hermetia Illucens ini memiliki banyak keuntungan dan manfaat bagi manusia. Semasa hidup magot BSF mengomsumsi organik (buah yang sudah tidak kayak makan lagi)," ujar solihin

Kata solihin, satu ekor BSF dapat menghasilkan sekitar 600 telur. Jadi hanya dibutuhkan 20 ekor Saja lalat super betina untuk menghasilkan 10 ribu larva/ maggot BSF, larva BSF juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak.

15 ribu larva black fly soldier dapat menghabiskan sekitar 2 kg makanan dan limbah organik hanya dalam waktu 24 jam saja. Tiga hari sekali telur lalat dapat dipanen, 1 gram telur lalat dihargai Rp10.000. Selain telur lalat, solihin juga memperoleh penghasilan dari hasil panen maggot (ulat).

Budi daya lalat/maggot BSF saya lakukan, karena sangat menguntungkan, sedangkan pemeliharaannya sangat mudah dengan modal yang sangat sedikit dan hasilnya lumayan,"terang solihin seraya menyarankan rekan rekan sejawat maupun masyarakat yang ingin menambah penghasilan bisa untuk mencoba melakukan ternak lalat.(ik)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com