Log in

Kadisdik Langkat Dukung Pelaksanaan FGD FFK


Stabat,Sumatera Utara- andalas Sebagai salah satu narasumber dalam acara FDG (Focus Group Discution) KKF (Kedan- Kedan Forum) di Wedang Kopi Presto Ayam Cabe Ijo, Stabat, Jumat (7/9) lalu, Kadis Pendidikan Langkat, Dr H Saiful Abdi SE SH MPd mengatakan, tindak kekerasan dan pelecehan terhadap anak memang patut untuk disikapi.  Apalagi, ada UU No 11/2012 dan di lingkungan Dinas Pendidikan ada Permendikbud Nomor 82 Tahun 2015 yang mengatur tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan Terhadap Siswa di Sekolah.

Kondisi terkini, kata Saiful Abdi, memang telah terjadi krisis moral, bukan hanya di kalangan anak- anak dan siswa, tapi juga di kalangan pendidik (guru dan kepala sekolah).  Karena itu, dia menegaskan perlu untuk melakukan pendekatan agama."Pendekatan agama, itu yang perlu kita lakukan. Dengan demikian nilai- nilai agama bisa diamalkan dengan baik dalam kehidupan kita sehari-hari,” ujarnya.

Sebagai contoh, saat ini ada sekitar 37 permohonan cerai yang diajukan oleh guru dan kepala sekolah kepadanya. Namun, dia menegaskan, masih menangguhkan permohonan itu, karena lebih memilih untuk melakukan mediasi dan dialog terlebih dahulu.

Ironis memang.  Apalagi 90 % diantaranya diajukan oleh pihak istri (perempuan).  Ketika saya tanya, berapa tahun lagi pensiun ?  Dia menjawab dua tahun lagi. Ini serius, kenapa mau bercerai ?  Dia pu menjawab, karena sudah tidak ada kecocokan lagi.  Lho, kenapa baru sekarang mengaku tidak ada kecocokan.  

"Saya pikir hal ini disebabkan karena pengamalan nilai- nilai agama yang sudah mulai tergerus. Padahal, seperti yang dikatakan Safril tadi, Kabupaten Langkat adalah ‘Serambi Mekkah-nya’ Sumatera Utara,” ujarnya seraya memandang mantan Ketua Fraksi PDIP DPRD Langkat, Safril SH.

Untuk itu, Saiful Abdi menambahkan, untuk mengatasi permasalahan itu di sekolah, pihaknya sudah menerbitkan Perbup Nomor 20/2018 tentang Kurikulum Muatan Lokal. “Itu sungguh ide yang baik, sebab dengan Kurikulum itu, baca tulis Alquran dan pemahaman agama di sekolah wajib untuk dilakukan.  Untuk itu, saya tidak mau lagi jika masih ada siswa setingkat SMP tidak bisa baca tulis Alquran,” ujarnya.(BD)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 4.83 km/h

  • 14 Nov 2018 27°C 22°C
  • 15 Nov 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px