Log in

Kadinkes Madina: Gadis Menderita Steven Johnson Syndrome

Gadis Putri Sakinah yang mengalami penyakit langka. andalas/JBL Gadis Putri Sakinah yang mengalami penyakit langka. andalas/JBL

Madina-andalas Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dr Syarifuddin Nasution mengatakan, penyakit kulit melepuh yang dialami Gadis Putri Sakinah (16), warga Desa Setia Karya, Kecamatan Natal, Kabupaten Madina, telah dilakukan pemeriksan medis oleh dokter. Hasilnya, Gadis mengidap penyakit Steven Johnson Syndrome (SJS).

"Setelah dilakukan pemeriksaan di RSU Panyabungan, hasil diagnosa dokter, Gadis mengidap penyakit Steven Johnson Syndrome (SJS), bukan cacar monyet," kata Syarifuddin Nasution kepada andalas di ruang kerjanya, Kamis (11/7).

Syarifuddin Nasution mengatakan, terkait hasil diagnosa penyakit yang dialami Gadis, pihaknua juga sudah mengkonfirmasi pihak RSU Panyabungan melalui dokter anak, bahwa memang benar gadis mengidap penyakit steven johnson syndrome.

Syarifuddin menerangkan, penyakit steven johnson syndrome ini penyebabnya atau kemungkinan terjadi akibat alergi obat-obatan. Sebab, Gadis sudah sempat berobat pada petugas kesehatan yang memilik prakter pribadi di Kecamatan Natal.

"Biasanya kalau sudah penyakit steven johnson syndrome apa pun obat yang masuk kemungkinan besar akan alergi. Dan jika sudah terkena penyakit steven johnson syndrome ini kulit di seluruh badan akan melepuh, karena itulah kenyataannya di lapangan," sebutnya.

Kemudian, sambung Syarifuddin Nasution, penyebab lain dari penyakit steven johnson syndrome karena sistem imun atau kekebalan tubuhnya lemah. Sebab, imun yang tidak baik, kemungkinan besar itulah penyebab datangnya alergi.

"Untuk pengombatan penyakit ini, tadi saya sudah dikonfirmasi dokter anak melalui salah satu Kepala Bidang di RSU Panyabungan agar anak tersebut kita rujuk ke RSU Adam Malik Medan, karena fasilitas di RSU Panyabungan belum lengkap," tandasnya.

Syarifuddin menambahkan, saat ini pihaknya masih menunggu kartu BPJS Gadis. "Pembuatan kartu BPJS-nya (Gadis, red) sedang proses. Jika sudah selesai Gadis akan kita rujuk. Sekarang untuk langkah awal, kita terlebih dulu menyembuhkan sistem imunnya," pungkasnya. (JBL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px