Log in

Kades Gunung Tua Jae Belum Serahkan Laporan Penghancuran

Gedung permanen Kantor Kepala Desa Gunung Tua Jae sebelum dihancurkan dan setelah dihancurkan. Gedung permanen Kantor Kepala Desa Gunung Tua Jae sebelum dihancurkan dan setelah dihancurkan.

Penghancuran Kator Kepala Desa

Madina-andalas Terkait dihancurkannya gedung permanen Kantor Kepala Desa Gunung Tua Jae, Dinas Pemberdayaan Desa (PMD) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) telah memanggil dan memerintahkan Kepala Desa (Kades)Gunung Tua Jae Mardansyah Rangkuti membuat laporan testimoni atas dasar apa dihancurkannya bangunan yang diketahui dibagun dari bantuan pemerintah pada tahun 2016.

"Hingga masa jabatan saya habis karena mengundurkan diri, berkas testimoni yang dulu saya perintahkan dibuat, Kedes Gunung Tua Jae Mardansyah Rangkuti belum ada memberikan kepada saya," kata Kepala PMD Madina Muhammad Ikbal Nasution didampingi Sekretaris Dinas PMD Madina Sahrul Matondang kepada wartawan di Kantor PMD Madina, Senin (13/1).

Ditanya sudah sejauh mana tindaklanjut Dinas PMD Madina atas dugaan penghancuran aset pemerintah tanpa izin di Desa Gunung Tua Jae, Kecamatan Panyabungan, Sahrul Matondang menegaskan akan mencoba memanggil kembali Kepdes Gunung Tua Jae.

"Kita akan menyurati Kantor Aset Pemkab Madina dan Provinsi Sumatera Utara guna memastikan dengan benar apakah bangunan yang dihancurkan tersebut masuk ke aset Pemkab Madina atau aset Provinsi Sumatera Utara," ujarnya.

Sebab, imbuh Sahrul Matondang, apabila benar penghancuran bangunan Kantor Kepala Desa Gunung Tua Jae tersebut memang bantuan pemerintah dan dihancurkan tanpa adanya izin surat penghapusan aset dari pemerintah, maka tindakan itu melanggar Peraturan Pemerintah RI Nomor 27 tahun 2014 tentang pengelolaan barang milik negara/daerah.

"Namun untuk lebih jelasnya, kita akan mencoba menelusuri kembali dengan seksama, apakah bangunan kantor kepala sesa itu milik desa, bantuan pemerintah daerah atau Provinsi. Maka, saya harap rekan-rekan wartawan agar bersabar dulu, sebelum kita nantinya akan memanggil kembali untuk mengungkapkan hal yang sebenarnya, dan langkah apa yang akan kita tempuh," tandasnya. (JBL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px