Log in

Jokowi ke Calon Menteri : Bagi yang Tidak Serius, Pasti Saya Copot


Jakarta-andalas Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana mengumumkan susunan Kabinet Jilid II, Senin (21/10) hari ini. Agar roda pemerintahannya berjalan efektif Jokowi mewanti-wanti calon yang kelak menjadi menteri agar bekerja secara serius.

"Saya juga minta kepada para menteri, para pejabat dan birokrat, agar serius menjamin tercapainya tujuan program pembangunan. Bagi yang tidak serius, saya tidak akan memberi ampun. Saya pastikan, pasti saya copot," tegasnya.

Hal itu disampaikan Jokowi saat pidato pertama usai dilantik menjadi Presiden periode 2019-2024 di Gedung DPR/MPR, Minggu (20/10).

Menurut Jokowi, segala bentuk kendala regulasi harus kita sederhanakan, harus dipotong serta dipangkas. Pemerintah akan mengajak DPR untuk menerbitkan 2 undang-undang besar. Pertama, UU Cipta Lapangan Kerja. Kedua, UU Pemberdayaan UMKM.

"Masing-masing UU tersebut akan menjadi Omnibus Law, yaitu satu UU yang sekaligus merevisi beberapa UU, bahkan puluhan UU. Puluhan UU yang menghambat penciptaan lapangan kerja langsung direvisi sekaligus. Puluhan UU yang menghambat pengembangan UMKM juga akan langsung direvisi," tuturnya.

Kemudian, lanjut Jokowi, penyederhanaan birokrasi harus terus dilakukan besar-besaran. Menurutnya, investasi untuk penciptaan lapangan kerja harus diprioritaskan.

"Prosedur yang panjang harus dipotong. Birokrasi yang panjang harus kita pangkas," tuturnya.

Sebelum menutup pidato, Jokowi, menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Jusuf Kalla yang telah bahu-membahu menjalankan pemerintahan selama 5 tahun terakhir.

Lalau, kapankah kabinet baru diumumkan? Presiden Joko Widodo tidak menyebutkan secara pasti kapan akan melantik menteri di dalam kabinetnya, dan hanya menyampaikan pelantikan para menteri kabinet barunya itu bisa saja berlangsung pada Senin (21/10), atau Selasa (22/10), atau Rabu (23/10).

"Setelah dikenalkan, ya dilantik, bisa hari Senin, bisa hari Selasa, bisa hari Rabu," kata Jokowi, kepada pers, di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10).

Sebelumnya, Jokowi mengaku akan mengenalkan para menteri kabinetnya yang baru pada Senin pagi (21/10) karena Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, pada siang hari itu harus berangkat ke Jepang untuk menghadiri acara penobatan Kaisar Naruhito di Tokyo, Jepang, yang akan berlangsung pada Selasa (22/10).

"Besok kita akan kenalkan dulu menteri-menteri yang telah kita pilih, setelah dikenalkan tentu akan segera dilantik. Dikenalkannya pagi," kata Jokowi, yang masih mengenakan setelan jas yang sama dengan jas yang dikenakan saat dilantik menjadi presiden masa jabatan kedua, di Gedung Parlemen, beberapa jam sebelumnya.

Mengenai siapa saja wajah-wajah baru dalam kabinet, Jokowi pun meminta agar melihatnya pada Senin pagi (20/10). "Besoklah. Besok pagi, pagi-pagi saya kenalkan wajah-wajah baru," kata dia.

Sedangkan mengenai perubahan nomenklatur kementerian, Jokowi pun meminta agar bersabar hingga esok hari. "Ada (perubahan nomenklatur), besoklah, sing sabar semuanya ya," kata dia.

Jokowi dalam media sosial resminya, susunan kabinet pemerintahan periode mendatang sudah rampung. Mereka terserak di semua bidang pekerjaan dan profesi: akademisi, birokrasi, politisi, santri, TNI dan polisi.

Orang-orang dalam kabinet itu diharapkan dapat memperkokoh kelembagaan yang mengurus investasi, mampu membujuk investor untuk menciptakan berbagai macam keuntungan tambahan bagi Indonesia. Investasi yang masuk ke Indonesia itu tentu bukan usaha yang hanya mengeksploitasi bangsa Indonesia.

Tidak ketinggalan para menteri tersebut diharapkan punya kemampuan eksekusi program ditambah manajerial. (ANT/MDC)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px