Log in

Jika Tak Urus Amdal, Pemko Tanjung Balai Diminta Cabut Izin PT Halindo

Wakil Ketua DPRD Tanjung Balai Surya Darma AR Wakil Ketua DPRD Tanjung Balai Surya Darma AR

Tanjung Balai-andalas PT Halindo bergerak di bidang export-import hasil laut yang berada di Jalan Burhanuddin, Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjung Balai, saat ini berpolemik dengan warga sekitar Teluk Nibung, Kota Tanjung Balai.

Pasalnya, ada pencemaran lingkungan berupa aroma busuk dan pecemaran aliran sungai yang diduga bersumber dari limbah PT Halindo, sehingga berdampak merugikan warga sekitar.

Atas hal tersebut warga sekitar Teluk Nibung beraudiensi ke DPRD Tanjung Balai, Senin (20/1). Selanjutnya anggota DPRD Tanjung Balai melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke PT Halindo guna melihat persoalan yang ada.

Dalam pantauan anggota lintas Komisi DPRD Tanjung Balai, terlihat limbah berwarna hitam dan berbau busuk di dalam bak penampungan limbah dan akan dialirkan ke saluran parit di pemukiman warga.

Sinta, perwakilan PT Halindo, mengakui bahwa PT Halindo telah membuang limbah ke saluran warga, namun keberadaan PT Halindo juga telah menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar Teluk Nibung. "Kami berjanji tiga bulan ke depan, tidak akan membuang limbah lagi yang membuat warga resah," kata Sinta.

Mendengan penjelasan Sinta tersebut, salah seorang masyarakat langsung berteriak. "Kami tidak percaya dengan janji PT Halindo, sudah sering kau ingkari janji, janjimu tak pernah kau tepati, sakit kepala kami mencium bauk busuk ini. Pembohong," pekiknya.

Wakil Ketua DPRD Tanjung Balai Surya Darma AR, meminta masyarakat agar bersabar dan mempercayakan permasalahan ini kepada DPRD Tanjung Balai, untuk dicarikan solusi atas persoalan tersebut.

Dikatakan Surya Darma, memang benar ada limbah perusahaan tersebut telah mengganggu ketenangan warga sekitar. Pihak PT Halindo harus mengurus Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) selama tiga bulan 10 hari ke depan, bila tidak DPRD Tanjung Balai meminta Pemko Tanjung Balai mencabut izin PT Halindo.

"Besok, (Selasa, red) kita akan menggelar Rapat Dengar Pendapat di DPRD Tanjung Balai dengan mengundang  pihak-pihak terkait seperti PT Halindo, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perdagangan, Dinas Perizinan, Dinas Tenaga Kerja, Camat Teluk Nibung, Lurah Perjuangan, LPM, Kepala Lingkungan dan masyarakat sekitar PT Halindo," kata Surya Darma. (SB)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px