Log in

Jangan Sepele Covid-19; Warga Karo Diminta Disiplin Tetap di Rumah

Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan bersama Bupat Karo Terkelin Brahmana saat makan siang usai kelapangan untuk memastikan kebijakan Tim Gugus Tugas berjalan dengan baik. Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan bersama Bupat Karo Terkelin Brahmana saat makan siang usai kelapangan untuk memastikan kebijakan Tim Gugus Tugas berjalan dengan baik.

Kabanjahe-andalas Dampak virus corona atau Covid-19 beberapa hari ke depan harus disikapi Pemerintah (Pemkab) Karo. Antisipasi dini di tengah wabah bencana non alam ini harus disikapi dari sekarang agar tidak muncul masalah baru.

"Dipastikan, nafas perekonomian di berbagai sektor semakin megap-megap. Sekarang saja pun sudah terasa. Kalau kita semua disiplin dan tetap di rumah, bencana ini akan cepat berakhir," kata Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan dihubungi di Kabanjahe, Minggu (29/3).

Walau berbagai kebijakan pemerintah pusat diluncurkan untuk meringankan beban itu, tapi masih membutuhkan dorongan nyata dari pemerintah daerah. Selain mengharapkan kerja keras tim Gugus Tugas Covid-19, dia juga meminta Pemkab Karo memperhatikan tim medis RSU Kabanjahe.

Politisi PDIP itu lebih jauh menjelaskan, dampak virus corona akan memukul sektor perekonomian dan juga berimbas ke sektor pertanian yang menjadi nafas warga Kabupaten Karo secara umum.

Untuk itu, sambung Iriani Tarigan, sangat dibutuhkan kepekaan semua pihak khususnya pemerintah daerah membantu rakyat kecil dengan kebijakan-kebijakan yang terlihat kecil, namun manfaatnya sangat besar.

"Seperti membebaskan dulu retribusi pasar tradisional namun sangat besar manfaatnya, demikian juga petani-petani kita agar bisa dibantu, baik dari bibit atau lainnya," tutur srikandi PDIP itu.

"Kondisi saat ini, pemerintah harus berada di tengah-tengah masyarakat yang sedang terkena dampak virus corona. Ini terkesan kecil tetapi memiliki dampak bagi para pedagang juga," ujar Iriani.

Dia kembali menegaskan, tidak hanya kebijakan yang besar dengan ekspektasi tinggi saja yang diambil Pemkab Karo. Semua OPD dan para camat di lingkup Pemkab Karo harus fokus, saling bersinergi dan berkolaborasi dengan tim gugus.

"Jangan ada yang berpikiran, ini bukan menjadi tanggungjawabnya, ini tanggung jawab kita semua, mari bahu membahu saling membantu," ajak  Iriani.

Di sisi lain, Iriani juga meminta masyarakat Karo lebih memahami bagaimana penularan dan bahaya virus corona. "Ikuti semua arahan dan anjuran Pemkab Karo maupun maklumat Kapolri," tegasnya.

Ia mengajak masyarakat lebih waspada, menjaga jarak atau sosial distancing. Menjaga jauh lebih bagus daripada mengobati. Cegah sedini mungkin dimulai dari diri sendiri.

"Ingat, jangan anggap sepele, jangan nanti setelah ada korban positif corona di daerah kita, baru kita lebih waspada. Memang kita sangat berharap tidak ada terjadi di Kabupaten Karo, untuk itu masyarakat agar disiplin dengan tetap di rumah," harap Iriani.

Ia berharap situasi yang buruk ini bisa segera berakhir, sebab dampak dari virus corona ini sangat buruk, baik dari sisi kesehatan dan keselamatan maupun dari sektor ekonomi yang kian melemah, khususnya kepada masyarakat kecil, para usaha kecil menengah dan sebagainya.

Dirinya yang sejak awal terus kelapangan dan mengikuti perkembangan bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana, Kapolres AKBP Yustinus Setyo Indriono SIK, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal maupun Tim Gugus Tugas minta warga proaktif untuk melaporkan kondisi keluarga yang demam panas guna mencegah terjangkit virus corona, apalagi jika terdapat keluarga yang kembali dari daerah-daerah rawan virus corona. “Karena pencegahan dini lebih baik,” tutupnya. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C